Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Linier dan Matriks dengan Pendekatan Inkuiri untuk Mahasiswa Teknik Informatika

Siti Aminah (1), Nira Radita (2)
(1) STIKI Malang, Indonesia,
(2) STIKI Malang, Indonesia

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul berbasis teori konstruktivis dengan pendekatan inkuiri. Modul ini dibatasi hanya pada materi penyelesaian sistem persamaan linier pada Mata Kuliah Aljabar Linier dan Matriks. Pengembangan modul pembelajaran ini dikembangkan dengan mengadaptasi tahapan pengembangan Dick & Carey. Modul yang telah dikembangkan ini diuji berdasarkan kriteria valid dan efektif. Selanjutnya, modul diuji kepada validator supaya valid dan diuji keefektifannya melalui uji normalitas dan paired sample test. Hasil dari penelitian ini adalah modul telah valid dan efektif.

Full text article

Generated from XML file

References

Aminah, S. (2012). Pengembangan modul fungsi komposisi dan invers kelas XI berbasis realistic mathematic education [Universitas Negeri Malang]. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/matematika/article/view/22380

Anjani, D., Suciati, & Maridi. (2017). The Effectiveness of inquiry-based learning module to improve the cognitive learning outcomes. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, First International Conference on Science, Mathematics, and Education, (hal. 155-160). Atlantis Press.

Athan, J. J. (2017). Comparing the effectiveness of an inquiry-based approach to that of conventional style of teaching in the development of students’ science process skills. International Journal of Environmental & Science Education, 12(8), 1797-1816.

Berman, A., & Shvartsman, L. (2016). Definitions are important: the case of linear algebra. European Journal of Science and Mathematics Education, 4(1), 26-32.

Dick, W. & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction (4th ed.), New York: Harper Collins College Publishers

Hobri. 2010. Metodologi penelitian pengembangan: aplikasi pada penelitian pendidikan indonesia. Jember: Pena Salsabila

Parta, I Nengah. (2009). Pengembangan model pembelajaran inquiry untuk penghalusan pengetahuan matematika mahasiswa calon guru melalui pengajuan pertanyaan. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Surabaya.

Patil, A. M., & Sachin, S. K. (2017). Teaching learning with constructivist approach. International Journal of Engineering Development and Research, 5(4), 308-312.

Rufii, R. (2015). Developing module on constructivist learning strategies to promote students' independence and performance. International Journal of Education, 7(1), 18-28. https://doi.org/10.5296/ije.v7i1.6675

Ruhela, R. (2014). The pain of the slow learners. Online International Interdisciplinary Research Journal, 4(4), 193-200.

Vasudevan, A. (2017). Slow learners – causes, problems and educational programmes. International Journal of Applied Research, 3(12), 308-313.

Authors

Siti Aminah
sitiaminah@stiki.ac.id (Primary Contact)
Aminah, S., & Radita, N. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Aljabar Linier dan Matriks dengan Pendekatan Inkuiri untuk Mahasiswa Teknik Informatika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(2), 156–170. https://doi.org/10.30651/must.v5i2.5884

Article Details