Implementasi Model Pembelajaran Somatic Auditory Resitasi Interpretasi pada Matakuliah Media Pembelajaran Matematika

Mohamad Khafid Irsyadi (1)
(1) Universitas PGRI Adi Buana Kampus Blitar, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Somatic Auditory Resitasi Interpretasi (SARI) pada matakuliah Media Pembelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika semester IV STKIP PGRI Blitar tahun akademik 2017/2018. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari tes akhir siklus dan lembar observasi. Dari hasil observasi dosen pada pertemuan ke-1 didapatkan nilai 83% dengan kriteria baik dan pertemuan ke-2 86% dengan kriteria baik. Rata-rata aktivitas dosen adalah 84,5% dengan kategori baik. Untuk prosentase hasil observasi aktivitas mahasiswa pada pertemuan ke-1 didapatkan nilai 83% dengan kriteria baik dan pertemuan ke-2 85% dengan kriteria baik. Rata-rata aktivitas mahasiswa 84% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil tes akhir siklus, dari 20 mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika semester IV STKIP PGRI Blitar diperoleh 17 mahasiswa telah tuntas belajar dan sisanya 3 mahasiswa tidak tuntas belajar. Hal ini sesuai dengan kriteria keberhasilan yaitu ≥75% dari jumlah mahasiswa keseluruhan yang mencapai taraf nilai ≥75 sesuai dengan ketuntasan individu yang tetapkan. Langkah-langkah model pembelajaran somatic, auditory, resitasi, interpretasi yaitu (a) Somatic adalah mahasiswa diminta untuk belajar dengan berbuat dan bergerak, (b) Auditory adalah belajar dengan berbicara dan mendengar, (c) Resitasi adalah penugasan. Penugasan digunakan untuk mengukur sejauh mana tingkat kefahaman mahasiswa, (d) Interpretasi adalah penarikan kesimpulan.

Full text article

Generated from XML file

References

Ginting, S. M., & Amir, H. (2012). Penerapan model pembelajaran somatis auditor visual dan intelektual (SAVI) berbantuan media computer untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kimia fisika. Jurnal Exacta, 10(1), 98-105.

Arikunto, S. (2006a). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006b). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Daryanto. (2011). Media pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kunandar. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mukrima, S. (2014). Metode belajar dan pembelajaran. Bandung: Bumi Siliwangi.

Rusmono. (2012). Strategi pembelajaran problem based learning. Bogor: Ghalia Indonesia.

Setiawan, H. (2011). Kamus bahasa Indonesia. Surabaya: Karya Gemilang Utama.

Shoimin, A. (2014). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Authors

Mohamad Khafid Irsyadi
irsyadi2008@gmail.com (Primary Contact)
Irsyadi, M. K. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Somatic Auditory Resitasi Interpretasi pada Matakuliah Media Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 19–28. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.4489

Article Details