Penerapan U-Mat dan Jam Trigonometri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Baiquni, I. (2016). Penggunaan media ular tangga terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 193-203.
Hudojo, H. (2001). Psikologi kognitif untuk pengembangan kurikulum dan pembelajaran matematika, bahan kuliah pasca sarjana pendidikan matematika UNESA. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Khodadady, E., & Zeynali, S. (2012). Field-dependence/independence cognitive style and performance on the IELTS listening comprehension. International Journal of Linguistics, 4(3), 622-635. https://doi.org/10.5296/ijl.v4i3.2389
Krismanto, A. (2003). Pembelajaran trigonometri SMA. P4TK Matematika: Yogyakarta.
Lutviani, V. (2014). Perbedaan hasil belajar berdasarkan gaya kognitif siswa pada pelajaran matematika kelas VIII di UPTD SMP negeri 2 Sumbergempol Tulungagung [Skripsi]. IAIN Tulungagung. http://digilib.iain-tulungagung.ac.id.
Maghsudi, M. (2007). The interaction between field dependent/independent learning styles and learners’ linguality in third language acquisition. Interactive Multimedia Electronic Journal of Computer-Enhanced Learning, 7(5), 1-23.
Putra, A. P. (2014). Eksperimentasi pendekatan pembelajaran matematika realistik (PMR) dan open ended pada materi segitiga dan segiempat ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas VII SMP negeri se-kabupaten Pacitan. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(2), 16-20.
Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi barisan dan deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.5964
Sternberg, R. J., & Williams, W. M. (2010). Educational psychology (2nd ed). Upper Saddle River, NJ: Pearson/Merrill.
Sugiyono. (2007). Metodologi penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. (2010). Peranan multimedia dalam pembelajaran dan gaya belajar siswa. Jakarta: Erlangga.
Winkel, W. S. (1998). Psikologi pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Witkin, J. (1977). The pseudo-conceptual and the pseudo-analitycal arthought processes in mathematics learning. Journal Educational Studies in Mathematic, 34, 97–129.
Yasa, A., Made, I., Sadra, I. W., & Suweken, G. (2013). Pengaruh pendidikan matematika realistik dan gaya kognitif terhadap prestasi belajar matematika siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(2), 1-11.
DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v5i1.4319
Refbacks
- There are currently no refbacks.