Efektivitas Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Duripoku

Hermansyah Hermansyah (1), Irianto Aras (2), Fitria Harun (3)
(1) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia,
(2) Universitas Borneo Tarakan, Indonesia,
(3) SMP Negeri 1 Duripoku, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan number sense siswa di kelas VII A SMP Negeri 1 Duripoku. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan one group pre test-post design. Untuk melihat apakah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan number sense sebelum dan sesudah diterapkan metode tutor sebaya, maka dilakukan uji paired sample t-test, sementara untuk melihat efektivitasnya dilakukan analisis gain ternomalisasi (N-Gain). Dari hasil analisis data pada taraf signifikansi 5%, ditemui nilai t = 7.721 dengan signifikansi 0,00 (< 0.05) yang berarti terdapat perbedaan nilai  rata-rata kemampuan number sense pada pre test dan post test, untuk hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa efektivitas metode tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan number sense berada pada kategori rendah.

References

Read More

Authors

Hermansyah Hermansyah
h3rmansyah18@gmail.com (Primary Contact)
Irianto Aras
Fitria Harun
Hermansyah, H., Aras, I., & Harun, F. (2020). Efektivitas Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Duripoku. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 5(1), 95–105. https://doi.org/10.30651/must.v5i1.3614

Article Details

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.