Efektivitas Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Number Sense Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Duripoku
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas metode pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan number sense siswa di kelas VII A SMP Negeri 1 Duripoku. Penelitian ini merupakan penelitian pra-eksperimental dengan one group pre test-post design. Untuk melihat apakah terdapat perbedaan rata-rata kemampuan number sense sebelum dan sesudah diterapkan metode tutor sebaya, maka dilakukan uji paired sample t-test, sementara untuk melihat efektivitasnya dilakukan analisis gain ternomalisasi (N-Gain). Dari hasil analisis data pada taraf signifikansi 5%, ditemui nilai t = 7.721 dengan signifikansi 0,00 (< 0.05) yang berarti terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan number sense pada pre test dan post test, untuk hasil analisis N-Gain diperoleh bahwa efektivitas metode tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan number sense berada pada kategori rendah.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Acoi, P. (2011). Deskripsi number sense siswa kelas VII SMP santo fransiskus asisi Pontianak. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Arjanggi, S., & Suprihatin, T. (2011). Metode pembelajaran tutor teman sebaya meningkatkan hasil belajar berdasar regulasi-diri. Hubs-Asia , 10 (1), 91-97.
Ary, D., Jacobs, L. C., & Razavieh, A. (1982). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. AREA-D American Education Research Association’s Devision. D. USA: Measurement and Reasearch Methodology.
McIntosh, A., Reys, B., Reys, R., Bana, J., & Farrel, B. (1997). Number sense in school mathematics: student performance in four countries. Perth: Mathematics, Science & Technology Education Centre, Edith Cowan University.
Nurmala, N., Sukayasa, S., & Paloloang, B. (2016). Penerapan model pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 20 Toli-Toli pada operasi hitung campuran bilangan bulat. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(9), 199-211.
Sabrianti, R. (2012). Potensi number sense siswa pada materi penjumlahan pecahan biasa di madrasah tsanawiyah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Safitri, A. S., Mulyati, S., & Chandra, T. D. (2017). Kemampuan number sense siswa sekolah menengah pertama (SMP) kelas VII pada materi bilangan. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol.1, No.1, pp. 270-277).
Sari, R. K. (2019). Analisis problematika pembelajaran matematika di Sekolah Menengah Pertama dan solusi alternatifnya. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika , 2 (1), 23-31.
Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia (konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan). Jakarta: Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional.
Tsuei, M. (2014). Mathematics synchronous peer tutoring system for students with learning disabilities. Journal of Educational Technology & Society, 17(1), 115-127.
Wardiyyah, N. (2009). Penerapan model pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs NU Banat Kudus pada materi pokok operasi bilangan pecahan semester I tahun ajaran 2009/2010. Semarang: IAIN Walisongo.
Widodo, A., & Noviartati, K. (2018). Profil number sense siswa SMP terhadap pecahan campuran ditinjau dari kepribadian introvert. Jurnal Pi, Pend. Mat. STKIPH , 1 (2), 44-51.
DOI: http://dx.doi.org/10.30651/must.v5i1.3614
Refbacks
- There are currently no refbacks.