Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika

Elva Pristy Afifah (1), Wahyudi Wahyudi (2), Yohana Setiawan (3)
(1) Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia,
(2) Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia,
(3) Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas 5 pada pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu. Sampel pada penelitian ini yaitu 23 siswa SDN Gedangdowo 02 dan 18 siswa SDN Soko. Keberhasilan penelitian ini dilihat berdasarkan hasil analisis uji N-Gain untuk mengetahui keefektifannya, eksperimen 1 yang menggunakan model Problem Based Learning dan kelas eksperimen 2 menggunakan model Problem Solving. Hasil uji N-Gain menunjukkan kelas eksperimen 1 sebesar 0,59 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,50. Berdasarkan hasil penelitian dikatakan H0 ditolak dan  Ha diterima. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis antara siswa kelas V SDN Gedangdowo 02 menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa kelas V SDN Soko menggunakan model pembelajaran Problem Solving. Dari hasil penelitian merekomendasikan pembelajaran dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, sebaiknya dijadikan alternatif dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi volume bangun ruang kubus dan balok.

Full text article

Generated from XML file

References

Amir, T. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Andari, T. (2012). Efektifitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Kontekstual Terhadap Prestasi Belajar Matematika ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas V SD Se-Kecamatan Bangunrejo kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru . Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Boendan, D. d. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kepercayaan Diri Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sanden Yogykarta. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(9).

Fadillah, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA KELAS V SD. Satya Widya, 30(1), 17-27.

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1), 2302-5158.

Sanjaya, W. (2013). PENELITIAN PENDIDIKAN Jenis,Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Premada Media Group.

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto (2015). Metodologi Penelitian & Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Sugiono (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyanto (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif (Cetakan Ke-2). Surakarta: Yuma Pressindo.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kuantitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2013). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alvabeta.

Sugiyono, P. (2013). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alvabeta.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wahyudi, A. I. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Berbasis Proyek untuk Menunjang Kreatifitas Mahasiswa Merancang Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6 (2), 68-81.

Wahyudi, Waluya, S. B., Rochmad, & Suyitno, H. (2018). Assimilation and Accommodation Processes in Improving Mathematical Creative Thinking with Scaffolding According to Learning Style. In Journal of Physics: Conference Series(Vol. 1097). Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012156

Yusi Hidjrawan, I. K. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Larutan Penyangga di SMA Negeri 7 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4 (2), 140-150.

Yusuf, O. L. (2017). Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika. UIN Raden Intan Lampung.

Authors

Elva Pristy Afifah
292015035@student.uksw.edu (Primary Contact)
Wahyudi Wahyudi
Yohana Setiawan
Afifah, E. P., Wahyudi, W., & Setiawan, Y. (2019). Efektivitas Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran Matematika. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 95–107. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2822

Article Details