Isi Artikel Utama

Abstrak

Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan mengukur peningkatan kemampuan bahasa Inggris dan pembentukan karakter moral “amanah†siswa melalui buku cerita anak dwibahasa seri 2 yang berjudul “Aisyah and Ahmad: Being Trustworthy†yang dibuat oleh tim dosen pengabdi. Sasaran dari program ini adalah siswa kelas 5 SD Muhammadiyah Ambarketawang 1 yang berjumlah 33 orang. Program dilakukan selama 4 pertemuan secara daring melalui Grup WhatsApp kelas dan video pembelajaran karena sekolah menerapkan pembelajaran dari rumah karena adanya kebijakan sekolah terkait wabah Covid-19. Dengan menggunakan tes kosakata bahasa Inggris yang dikembangkan oleh tim dosen pengabdi, kemampuan bahasa Inggris diukur saat sebelum diberikan pelatihan dan setelah pelatihan berakhir. Hasil dari pretest dan posttest menujukkan adanya peningkatan nilai tes kosakata bahasa Inggris siswa sebanyak 0,32. Hasil ini mengindikasikan adanya sedikit peningkatan dalam kosakata bahasa Inggris siswa kelas 5. Selain itu, siswa juga dapat menunjukkan pesan moral dari cerita yang minitikberatkan pentingnya menjaga amanah.

Kata Kunci: amanah, buku cerita anak dwibahasa, pendidikan karakter, pengajaran Bahasa Inggris 

 

Improving English Language Skills Through Online Training with Bilingual Children's Book Media 

ABSTRACT

Our community development program aimed at developing elementary school students’ English competence while also promoting the character-building values of being amanah by utilizing a bilingual book, “Aisyah and Ahmad: Being Trustworthyâ€. This second book of Aisyah Ahmad series was developed by the two authors. The participants of the program were 33 fifth graders of SD Muhammadiyah Ambarketawang 1. Due to the current Study from Home policy during the Covid-19 pandemic, the program was conducted online in four meetings on class Whatsapp group. The meetings included videos, question and answer sessions and assignments. Pre-test and post test on students’ vocabulary development were done to measure the effectiveness of the program. The result indicated an improvement on students’ vocabulary development with the score of 0.32. Additionally, the students’ performance as a part of the assignment indicated that the moral value of trustworthiness was grasped and learned by the participants. 

 

Kata Kunci: trustworthiness, bilingual story book, character-building, English  

 

Kata Kunci

amanah buku cerita anak dwibahasa pendidikan karakter pengajaran Bahasa Inggris

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Ika Wahyuni Lestari, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Ika Wahyuni Lestari adalah seorang dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Puput Arfiandhani, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Puput Arfiandhani adalah seorang dosen di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Referensi

  1. Abdullah, S. C., Tulung, G. J., & Rambing, R. (2020). Meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris untuk murid pendidikan anak usia dini melalui buku cerita bergambar pada kelompok B di TK Suci Castellia. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi, 12, 1 – 15.
  2. Almerico, G.M. (2014). Building character through literacy with children's literature. Research in Higher Education Journal, 26, 1-13
  3. Arfiandhani, P. & Lestari, I.W. (2019). Pengembangan buku cerita anak dwibahasa untuk meningkatkan motivasi pembelajaran Bahasa Inggris dan character-building. Proseding Seminar Abdimas, 2, 128 - 139
  4. Cook, V. (2008). Second language learning and teaching. London: Heuder Education
  5. Dinas Pendidikan. (2019). Gerakan sekolah menyenangkan (GSM) wujudkan pendidikan yang berkualitas. Diakses tanggal 22 Desember 2019 melalui https://disdik.slemankab.go.id/gerakan-sekolah-menyenangkan-gsm-wujudkan-pendidikan-yang-berkualitas/
  6. Herdian & Septiningsih, D. S. (2020). Character building training sinergi guru dan orangtua. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), 167-173.
  7. Lestari, I. W. (2016). What Teaching Strategies Motivate Learners To Speak?. Journal of Foreign Language Teaching and Learning, 1(1), 73-81.
  8. McKay, P. (2006). Assessing young language learners. Cambridge: Cambridge University Press.
  9. Miranda, D. (2018). Pengembangan Buku Cerita Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Kreativitas AUD. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 10(1), 18-30.
  10. Wasik, B. A., Hindman, A. H., & Snell, E. K. (2016). Book reading and vocabulary development: A systematic review. Early Childhood Research Quarterly, 37, 39-57.
  11. Wening, S. (2012). Pembentukan karakter bangsa melalui pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 55-66