Isi Artikel Utama

Abstrak

ABSTRAK

Anak usia dini sangat membutuhkan zat gizi makro dan mikro untuk proses pertumbuhan dan perkembangannya. Tahapan ini, energi untuk aktifitas anak usia dini dan perkembangan otak serta pertumbuhan sel menjadi pertimbangan dalam pemberian makanan pada anak usia dini. Metode kegiatan terdiri dari brainstorming, edukasi gizi dan kesehatan, pratek pengolahan makanan untuk anak usia dini, dan pendampingan. Kegiatan diatas diikuti oleh ibu siswa/i dari 8 PAUD di Kecamatan Kebayoran Baru. Mitra kegiatan Himpaudi Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Tahap praktek pengolahan makanan anak usia dini dilakukan di laboratorium gizi FIKes UHAMKA. Tahap pendampingan PMB di salah satu PAUD. Hasil kegiatan, pengenalan kebutuhan dan kecukupan gizi anak usia dini dilakukan di PAUD dengan pelaksanaan Program Makan Bersama (PMB). PMB dilaksanakan setiap minggu pada hari Jum’at. Pelaksanaan PMB ini, siswa/i makan bersama-sama di PAUD. Makanan dimasak dan disediakan oleh ibu-ibu siswa/i PAUD. PMB ini dapat menjadi wadah untuk pengenalan pentingnya makanan yang bergizi, pentingnya sarapan, pentingnya makan sayur dan buah pada siswa/i PAUD. Namun ibu siswa/i yang menjadi pelaksana PMB harus memiliki pengetahuan gizi anak usia dini yang baik, sehingga makanan yang disajikan tidak menggunakan bahan tambahan pangan yang tidak sehat, tidak menggunakan mie instan, atau makanan yang berlemak tinggi. Sosialisasi makanan yang memenuhi prinsip gizi seimbang dan bervariasi.

Kata Kunci: anak usia dini; edukasi, gizi; makan; nutrisi

 

Application of "Health Eating" in the Implementation of Joint Eating Programs in PAUD

ABSTRACT

Early childhood children need macro and micro nutrient for their growth and development process. The energy used for activities, brain development, and cells growth was considered in giving children's food. The activity method comprised brainstorming, nutritional and health education, and food processing for early childhood children practice, and accompaniment. Those activities were joined by the students' mother of 8 early childhood children educations (PAUD) in Kebayoran Baru, South Jakarta, partnered by HIMPAUDI (PAUD Educator and Teacher Association) Kebayoran Baru, South Jakarta. The food processing practice was performed in UHAMKA Health Sciences Faculty nutritional laboratory. Eat Together Program (PMB) accompaniment was done in one of the PAUDs. The activities result was the introduction to nutrition need and adequacy of children in PAUD through PMB. PMB, performed every Friday, brought PAUD children to eat together in their school. The food was cooked and served by students' mother who should have nutritional knowledge for early childhood children so the food didn't use unhealthy additive substances, instant noodle, or high fat food. PMB can be a mean to introduce the importance of nutritional food, breakfast, and fruits and vegetables to the children. Socialization of  balanced and variated nutrition principle food.

Keyword: early childhood children; education; eat; nutrition; nutrient.

 

Kata Kunci

anak usia dini edukasi gizi makan nutrisi

Rincian Artikel

Referensi

  1. Adriani M dan Wirjatmadi B. 2012. Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Jakarta : Penerbit Kencana.
  2. Astawan M. 2008. Sehat dengan Buah. Jakarta : Penerbit Dian Rakyat
  3. Fikawati S, Syafiq A, Veratamala A. 2017. Gizi Anak dan Remaja. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
  4. Hoddinott J, Maluccio JA, Behrman JR, Flores R, Martorell R. 2008. Effect of a nutrition intervention during early childhood on economic productivity in Guatemalan. Lancet 371: 411–
  5. Hurley KM, Yousafzai AK, Lopez-Boo F. 2016. Early Child Development and Nutrition: A Review of the Benefits and Challenges of Implementing Integrated Interventions1–4. American Society for Nutrition. Adv Nutr 7:357–63
  6. Istiany A dan Rusilanti. 2013. Gizi Terapan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
  7. More J. 2013. Infant, Child and Adolescent Nutrition. Taylor & Francis Group, L.L.C
  8. Murdiati A dan Amaliah. 2013. Panduan Penyiapan Pangan Sehat untuk Semua. Jakarta : Penerbit Kencana
  9. Mustard JF. 2010. Importance of early childhood development : Early Brain Development and Human Development. Encyclopedia on Early Chilhood Development. Councilfor Early Child Development, Toronto, Canada, Page : 12-14
  10. Sepp H, Ijer KH. 2016. Food as a tool for learning in everyday activities at preschool an exploratory study from Sweden. Food & Nutrition Research, 60: 32603-32609
  11. Siagian A. 2015. Epidemiologi Gizi. Jakarta : Penerbit Airlangga
  12. Sulistyawati A. 2014. Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta : Penerbit Salemba Medika
  13. UNICEF Indonesia. 2010. Penuntun Hidup Sehat. Jakarta : Kementerian Kesehatan
  14. Yardimci H, Ormeci FO, Ozcelik AO, Surucuoglu MS, Ozdogan Y. 2015. Nutrition Education In Preschool Children. The Journal of International Education Science 2(5): 449-457

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.