Isi Artikel Utama

Abstrak

Pimpinan Cabang Ranting (PCR) Bulak merupakan salah satu PCR Muhammadiyah di wilayah Surabaya Utara. PCR Bulak berdiri pada tahun 2012, karena terjadinya pemekaran wilayah dari cabang kenjeran menjadi cabang bulak. Di masa pandemi ini, dianjurkan segala aktivitas dilakukan di rumah, hal tersebut telah di tetapkan pada edaran surat kemendikbud. Sehingga pelaksanaan segala kegiatan Cabang dan Ranting Muhammadiyah banyak mengalami kendala sehingga banyak pula kegiatan-kegiatan yang tidak terlaksana sesuai dengan yang diprogramkan. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pimpinan dan warga Muhammadiyah setempat agar tetap produktif di era pandemi dengan mengajak mereka melalui kegiatan pengembangan Pimpinan Cabang dan Ranting Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektifitas Pimpinan dan Warga Muhammadiyah Bulak dalam melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan.

Kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan model community development yaitu upaya mempersiapkan masyarakat seiring dengan langkah memperkuat kelembagaan masyarakat agar mereka mampu mewujudkan kemajuan, kemandirian, dan kesejahteraan dalam suasana keadilan sosial yang berkelanjutan. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi Cabang dan Ranting Muhammadiyah di Kecamatan Kenjeran yang telah diidentifikasi, maka solusi yang ditawarkan dalam program KKN-PCR ini adalah Pendampingan dan Sosialisasi Cabang dan Ranting Muhammadiyah melalui Pendataan warga dan pendampingan mengurus KTA Muhammadiyah, perbaikan visualisasi informasi dan fasilitas masjid agar masyarakat menjadikan masjid sebagai pusat peradaban Islam. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan kegiatan cabang dan ranting yang berhasil dilakukan oleh kelompok KKN-PCR Bulak untuk menunjang pengembangan cabang dan ranting Kenjeran adalah Pendataan dan pembuatan KTA, pemakmuran masjid, sosialisasi vaksin, dan santunan kepada anak yatim.

Kata Kunci

community development KKN-PCR muhammadiyah

Rincian Artikel

Biografi Penulis

M hanifuddin Hakim, Teknik Industri-UMSurabaya

Teknik Industri-Staf Dosen

Imtihanatul Ma'isyatuts Tsalitsah, Psikologi-UMSurabaya

Psikologi-Staf Dosen

Referensi

  1. Anwar, H. 2008. Teori Vygotsky Tentang Pentingnya Strategi Belajar.
  2. Adi, I. R. 2003. Pemikiran-Pemikiran dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial (Seri Pembe). Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
  3. Adi, Isbandi Rukminto. 2001. Pemberdayaan, Pengembangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
  4. Falahuddin. 2020. Respons Muhammadiyah Menghadapi Covid-19. Maarif, 15, 137–152. https://doi.org/10.47651/Mrf.V15i1.81
  5. Halim, I., Tinggi, S., Ekonomi, I., & Palopo, M. 2018. RESONA KKN-PPM Pembinaan dan Pemberdayaan Cabang- Ranting Muhammadiyah Kecamatan Mangkutana Kabupaten Luwu Timur. 2(1), 57–63.
  6. Harahap, P., & Lubis, S. 2020. Pelatihan Pembuatan Peta Cabang Dan Ranting Muhammadiyah Menggunakan Aplikasi Sicara Untuk Mercepatan Pemetaan Cabang Dan Ranting Muhammadiyah Se-Kota Medan. 2(1), 14–21.
  7. Hartono, H., & Yusuf, Y. 2021. Tinjauan Molekuler dan Epidemiologi Mutasi pada Virus SARS-CoV-2. Bionature, 22(1), 43–49. https://doi.org/10.35580/bionature.v22i1.22379
  8. Ichsan, M. 2020. Islamic Philantrophy and Muhammadiyah’s Contribution to the Covid-19 Control In Indonesia. Afkaruna, 16(1), 114–131. https://doi.org/10.18196/aiijis.2020.0116.114-130
  9. Ma`arif, A. S. 2000. Muhammadiyah: antara Praksisme dan Intelektualisme Islam. Muhammadiyah University Press.
  10. Mardikanto, T. 2014. Corporate Social Responsibility (Tanggung Jawab Sosial Korporasi). Alfabeta.
  11. Pinariya, J. M., Forceila, D., Ivana, L., & Yunia, A. 2021. Sosialisasi dan Edukasi Digital Marketing pada Komunitas BGBJ. Aksiologiya, 5(2), 191–202.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama