KEHIDUPAN BERBANGSA DENGAN PRINSIP MODERASI

Authors

  • Muhammad Wahid Nur Tualeka Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/ah.v9i1.18708

Keywords:

Moderasi, bangsa, Wasatiyah

Abstract

Indonesia sebagai negara bangsa memiliki keunikan dalam hal suku, ras, adat istiadat, tradisi, budaya, bahasa, kepercayaan dan kepercayaan yang dapat menyatu dalam ideologi pancasila. Besarnya janji Indonesia merupakan potensi luar biasa yang harus kita syukuri, jaga dan pelihara agar tidak dirusak oleh paham ekstrimisme dan radikalisme yang berkembang menyusup dalam arus globalisasi dan keterbukaan informasi. Perlu dicarikan solusi untuk menjadikannya sebagai filter bagi hantaran kehidupan bangsa yang harus disisipkan ke dalam jiwa bangsa. Moderasi menawarkan solusi perantara untuk memerangi pemahaman yang bertentangan dengan identitas nasional;

Dalam konteks agama, moderasi dipahami oleh penganut dan pendukung Islam, yang dikenal dengan Islam Wasatiyah atau Islam moderat, yakni Islam moderat. Islam jalan tengah yang jauh dari kekerasan, cinta damai, toleran, menanamkan nilai-nilai moral yang baik, menerima segala perubahan. dan pembaharuan sebagai sesuatu yang bermanfaat.

Prinsip-prinsip Islam yang moderat adalah sebagai berikut: 1)Tawassuth (jalan tengah), 2) Tawazun (seimbang), 3) I'tidal (lurus dan teguh), 4) Tasamuh (toleransi), 5) Musawah (persamaan), 6) Syura (pertimbangan), 7) Ishlah (pembaruan), 8) Aulawiyah (pengutamaan), 9) Tathawur wa ibtikar (dinamis dan inovatif), 10) Tahadhdhur (beradab).

 

Kata Kunci : Moderasi, bangsa, Wasatiyah

Published

2023-05-31

Issue

Section

Artikel