Analisis Dampak Kualitas Layanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa PT. Gedung YKP-BE
Abstrak
The purpose of this study was to determine the effect of service quality, price and promotion on customer satisfaction at PT. Gedung YKP-BE and to find out how much influence of service quality, price and promotion has on customer satisfaction of PT. Gedung YKP-BE. This study used primary data from questionnaires distributed to respondents. The type of data used primary data and literature. The instrument used a closed questionnaire with a Likert scale. The sample in this study amounted to 41 customers. Data analysis on the validity test used the corrected item-total correlation, the reliability test used Croancbach Alpha, the normality test used the Kolmogrov-Smirnov test, and the classical assumption test used the Multicollinearity and Heteroscedasticity tests. While testing the hypothesis using multiple regression. The results of the study showed that the variables of Service Quality, Price and Promotion simultaneously (together) have an effect on customer satisfaction. Partially the variables of Service Quality, Price and Promotion affect customer satisfaction, and the independent variables are able to explain the dependent variable by 73.7% while the remaining 26.3% are explained by other variables not included in this research model (not examined).
Keywords: Quality of Service, Price and Promotion
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Gedung YKP-BE serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Gedung YKP-BE. Penelitian ini menggunakan data primer dari kuesioner yang didistribusikan kepada responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan kepustakaan. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan skala Likert. Sampel pada penelitian kali ini berjumlah 41 pelanggan. Analisis data pada uji validitas menggunakan corrected item-total correlation, uji reliabilitas menggunakan Croancbach Alpha, uji normalitas menggunakan uji Kolmogrov-Smirnov, serta uji asumsi klasik menggunakan uji Multikolinearitas dan Heteroskedastisitas. Sedangkan uji hipotesis menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menjelaskan variabel Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi simultan ( bersama-sama ) berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Secara parsial ( individu ) variabel Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, dan variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 73,7% sedangkan 26,3% sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini ( tidak diteliti ).
Keywords: Kualitas Layanan, Harga, Promosi
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis adalah penerbit atau Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email improvement@fe.um-surabaya.ac.id
Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.