Peran Literasi Keuangan, Digital Payment System dan Penggunaan Internet Terhadap Tingkat Keberhasilan OVO

Authors

  • Frumeyza Chabella Safiudin Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,
  • Sentot Imam Wahjono Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,
  • Budi Wahyu Mahardhika Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,

Abstract

This research aims to determine the influence of financial literacy, digital payment systems and internet use on OVO success rates partially and simultaneously. This research uses a quantitative research approach with multiple linear regression analysis methods. Data processing was carried out using the SPSS 25 application, and the technique used in this research used a simple random sampling technique, where the research sample consisted of members of the OVO user community on Telegram social media. The results of the research that has been carried out show that there is a positive and significant influence simultaneously on financial literacy, digital payment systems and internet use on the success rate of OVO with a probability value of 0.000. The t-test that has been carried out shows that there is a positive and significant partial influence on financial literacy, digital payment systems and internet use on the success rate of OVO.

Keywords: Financial Literacy, Digital Payment System, Internet Use And OVO Success Rate

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, digital payment system dan penggunaan internet terhadap tingkat keberhasilan OVO secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode analisis regresi linier berganda. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS 25, serta teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dimana sampel penelitian ini terdiri dari anggota komunitas pengguna OVO di sosial media Telegram. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan pada literasi keuangan, digital payment system dan penggunaan internet terhadap tingkat keberhasilan OVO dengan nilai probabilitas sebesar 0,000. Pada uji-t yang telah dilakukan, menunjukkan adanya pengaruh secara parsial yang positif dan signifikan pada literasi keuangan, digital payment system dan penggunaan internet terhadap tingkat keberhasilan OVO.

Kata kunci: Literasi Keuangan, Sistem Pembayaran Digital, Penggunaan Internet dan Tingkat Keberhasilan OVO

Published

2024-06-30