Peran Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kedisiplinan Guru

Authors

  • Aziz Iqomatuddin Mubarok Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,
  • Mochamad Mochklas Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,
  • Phonny Aditiawan Mulyana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,

Abstract

This research aims to determine the influence of the principal’s leadership style and organizational culture on teacher discipline at SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. The research method used is quantitative research with multiple linear regression tests using the Statistical Product and Service Solution (SPSS version 25) program. The sampling method in this research used a saturated sampling technique. Data collection was carried out directly by distributing questionnaires. The population in this study were 64 teachers at SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. The results of the coefficient of determination R square show that the discipline variable is 32.8% influenced by leadership style and organizational culture while the remaining 67.2% is influenced by other variables outside this research. The results of this research show that (1) The principal’s leadership style does not have a significant effect on teacher discipline at SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. (2) Organizational culture has a positive and significant influence on teacher discipline at SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. (3) Leadership style and organizational culture simultaneously influence teacher discipline at SMA Muhammadiyah 10 Surabaya.

Keywords: Leadership Style, Organizational Culture, Teacher Discipline

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kedisiplinan guru SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan uji regresi linier berganda menggunakan program Statistical Product and Service solution (SPSS versi 25). Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menyebar kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya sejumlah 64 guru. Hasil koefisien determinasi R square menunjukan bahwasanya variabel kedisiplinan dipengaruhi sebesar 32,8% oleh gaya kepemimpinan dan budaya organisasi sedangkan sisanya 67,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah tidak berpengaruh signifikan terhadap kedisiplinan guru di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya. (2) Budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan guru di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya.(3) Gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh secara simultan terhadap kedisiplinan guru di SMA Muhammadiyah 10 Surabaya.

Kata kunci: gaya kepemimpinan, budaya organisasi, disiplin kerja

Published

2023-03-30