Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Konsumen, Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Tissue “See U†di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/imp.v2i1.17131Abstract
This study uses a non-probability sampling technique because the population taken in this study is small but it is not known how many. The method used is purposive sampling. The number of samples and this study were 97 people. The respondents in this study were residents of middle Cantian Surabaya. The data collection techniques are by giving questionnaires to respondents. In proving and analyzing this, then using the validity test, reliability test, classical assumption test, and multiple linear regression test as well as t test (simultaneous) and F test (partial). The test results show that: 1) product quality has a significant effect on consumer loyalty; 2) customer satisfaction has a significant effect on consumer loyalty; 3) consumer trust has a significant effect on consumer loyalty; and 4) consumer quality, consumer satisfaction, and consumer trust have a simultaneous effect on consumer loyalty.
Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling karena populasi yang diambil dalam penelitian ini kecil namun tidak diketahui berapa banyaknya. Metode yang digunakan yaitu Sampling Purposive. Jumlah sample dan penelitian ini sebanyak 97 orang. Adapun responden dalam penelitian ini adalah warga Cantian Tengah Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan memberikan kuesioner kepada responden. Dalam membuktikan dan menganalisis hal tersebut, maka menggunakan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji regresi linier berganda serta uji t (simultan) dan uji F (parsial). Hasil pengujian menunjukkan bahwa : 1) kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen; 2) kepuasan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen; 3) kepercayaan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen; dan 4) kualitas konsumen, kepuasan konsumen, kepercayaan konsumen berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas konsumen.
Keywords: Product quality, Consumer Satisfaction, Consumer Trust, Consumer Loyalty
Â
References
Adi. R. P. 2013. Pengaruh Kualitas Produk dan Kewajaran Harga Terhadap Loyalitas Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal. Vol. 2 No.1. ISSN 2252-6552.
Al Fian., J., & Yuniati, Tri. 2016. Pengaruh kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Menejemen. Vol. 5 No. 6. ISSN: 2461-0593.
Ambarsari. V. D. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Smartphone Samsung. Skripsi Publik.
Damayanti, Cintya., & Wahyono. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Management Analysis Journal. Vol. 4 No.3. ISSN 2252-6552.
Dewi. N. K., Andri., G., & Yonaldi., S. 2012. Pengaruh Iklan, Citra Merk dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand and Body Loation Di Kota Padang. Jurnal Menejemen dan Kewirausahaan. Vol. 3 No. 2. ISSN: 2086-5031.
Kusuma. A. & Sukaadmadja. I. 2018. Pengaruh harga dan citra perusahaan terhadap kepercayaan dan loyalitas konsumen. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana. Vol.7 Hal.7. ISSN: 2337-3067.
Kotler, Philip dan Amstrong G. 2014. Prinsip-prinsip manajemen edisi 14. Erlangga. kotler, dan keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Erlangga.
Kotler, P. 2016. Marketing Management, 15th Edition New Jersey. Pearson Pretice Hall, Inc.
Tjiptono, Fandy. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi.
Krisdayanti, Helisia.2017.Pengaruh kualitas layanan dan Kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada Minimarket Kertapati Indah Palembang. Skripsi. UIN Raden Fatah Palembang.
Lesmana, Rosa & Ratnasari. 2019. Pengaruh kualitas Produk dan kualis pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Radekatama Pirani Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif. Vol.2 No.2. ISSN: 2598-2893.
Mowen, J. C dan Minor. 2012. Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Erlangga.
Nurhadi., Azis. Asriel. 2018. Pengaruh Kualitas, Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Kesetiaan Konsumen. Jurnal Economia, Vol 14 No.1.
Puspita, K, Yunus, M, dan Sulaiman. 2017. Pengaruh Faktor Sosial, Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepercayaan Merek Serta Dampaknya Pada Loyalitas Pelanggan Telepon Seluler (Studi Kasus Pada Pengguna Samsung Di Kota Banda Aceh). Jurnal Magister Menejemen. Vol.1 No.1. Hal. 46-48. ISSN 2302-0198.
Pratama, B. P. 2015. Pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pada penggunaan produk outdoor. Skripsi Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PT. Suparma. 2020. Annual Report.Laporan tahunan.49.
Rahman, Rendy dan RoswiraOktavia. 2021. Pengaruh kepercayaan konsumen terhadap loyalitas konsumen dalam penggunaan sistem pembayaran online (Survei pengguna produk UniPin). Jurnal Prologia. Vol.5 No.1 Hal. 148-153. EISSN: 2598-0777.
Rosalina. M., Qomariah N & Sari. I. S. 2019.Dampak promosi, harga dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen Oppo Smartphone. Jurnal Penelitian Ipteks. Vol. 4 no.2 Hal 161-174. P-ISSN: 2459 E-ISSN: 2528-0570.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV.
Tumbel, Altje. 2016. Pengaruh kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank BTPN Mitra Usaha Rakyat cabang Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal LPPM Bidang EkoSosBudKum. Vol.3 No.1.
Weenas., J. R. S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA. Vol. 1 No.4 Hal. 607-618. ISSN 2303-1174.
Widayatma. C. P., & Lestari. S. P. 2018. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Variavbel Intervening. Serat Acitya-Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang. Vol.7 No.3. ISSN: 2302-2752.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Hak Cipta
Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis adalah penerbit atau Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email improvement@fe.um-surabaya.ac.id
Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.