Penetapan Strategi Pemasaran Berdasarkan Analisis Swot Pada Wheels And Brakes Café Surabaya

Authors

  • Wartalena Irene Halawa Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya
  • Thyophoida W. S. Panjaitan Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/imp.v1i2.10634

Abstract

Wheels and Brakes Café is one of the cafes in Surabaya in January 2017. The evaluation process will certainly help in achieving Cafe Owners' desire to increase Cafe's income. One of the tools that can be used to conduct the evaluation is SWOT Analysis (Strength, Weakness, Opportunities, Threats).

Informants in this study were Cafe Managers, Cafe Employees, and Key Consumers. In this study also used other tools besides SWOT Matrix, namely SPACE Matrix, IFAS Matrix, EFAS Matrix, and IE Matrix. The SPACE matrix has x, y coordinates (1.5; -0.5) which indicate that the Cafe is in quadrant III with a Competitive Strategy. In IFAS Matrix, the total internal factor value is 2.77 while the EFAS Matrix has a total external factor value of 3.05. After combining the IFAS and EFAS values, in the IE Matrix it was found that Wheels and Brakes Café Surabaya was in position II which indicated that the position of the Cafe was in growing conditions and Horizontal Integration strategy suggestions.

The results of this study indicate that the right strategy to use Wheels and Brakes Café Surabaya is the Horizontal Integration Strategy. This strategy takes into account market penetration, market development, and product renewal. This strategy is certainly right for Wheels and Brakes Café Surabaya to be more competitive in the restaurant and cafe business.

Wheels and Brakes Café merupakan salah satu Kafe di Surabaya pada Januari 2017. Proses evaluasi yang dilakukan tentu akan membantu dalam mencapai keinginan Pemilik Kafe dalam meningkatkan pendapatan Kafe. Salah satu alat yang bisa digunakan untuk melakukan evaluasi tersebut ialah Analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, Threats).

Informan dalam penelitian ini ialah Manajer Kafe, Karyawan Kafe, dan Konsumen Kunci. Dalam penelitian ini juga digunakan alat bantu lain selain Matrik SWOT yaitu Matrik SPACE, Matrik IFAS, Matrik EFAS, dan Matrik IE. Matrik SPACE didapatkan koordinat x,y (1,5 ; -0,5) yang menunjukkan bahwa Kafe berada di kuadran III dengan Strategi Kompetitif. Pada Matrik IFAS didapatkan nilai total faktor internal sebesar 2,77 sedangkan pada Matrik EFAS total nilai faktor eksternal sebesar 3,05. Setelah menggabungkan antara nilai IFAS dan EFAS, pada Matrik IE didapatkan bahwa Wheels and Brakes Café Surabaya berada di posisi II yang menunjukkan bahwa posisi Kafe dalam kondisi bertumbuh dan saran strategi Integrasi Horizontal.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi yang tepat untuk digunakan Wheels and Brakes Café Surabaya ialah Strategi Integrasi Horizontal. Strategi ini memperhatikan Penetrasi pasar, Pengembangan Pasar, dan Pembaharuan Produk. Strategi ini tentunya tepat bagi Wheels and Brakes Café Surabaya untuk lebih kompetitif dalam bisnis Restoran dan Kafe.

Keywords: SWOT, Entrepreneur, Cafe, Opportunity, Position, Strategy 

Author Biographies

Wartalena Irene Halawa, Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya

Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya

Thyophoida W. S. Panjaitan, Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya

Departemen Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika, Surabaya

References

Afandi, S. 2014. Analisis SWOT Sebagai Dasar Keputusan Strategi Pemasaran Pada Hotel Mandiri di Sidoarjo. Skripsi. Surabaya: Fakultas Ekonomi. Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya.

Abdullah, A. 2014. Makalah: Fungsi Operasional Pemasaran Pada Perusahaanâ€. Jambi: Kelompok Akuntansi.

Car. 2018. Bisnis Kuliner di Surabaya Tumbuh Pesat. (m.jpnn.com/news/bisnis-kuliner-di-surabaya-tumbuh-pesat) (Diakses tgl 4 Maret 2019: Pk.12.06)

Fahmi, I. 2014. Manajemen Strategis Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Fatihudin, D., Mochklas, M., & Suryati, D.A. (2019). The Effect of Brand Image Perception and Product Quality Toward the Interest to Buy Consumer Pre-Pay IM3 Ooredoo. 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019), Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 436 pp. 53-57

Fred R, David. 2009. Manajemen Strategis Konsep, edisi 12. Jakarta: Salemba Empat.

Hardhiyana, Surya. 22 November 2017. “Café Dengan Suasana Paddock di Wheels and Brakes Café Surabayaâ€suryahardhiyana.com/2017/11/22/café-dengan-suasana-paddock-di-wheels-and-brakes-café-surabaya/ diunduh 14 Maret 2019 pk 12.10

Hidayatullah, N.A. 2019. Realitas Kafe Kekinian Bagi Kalangan Mahasiswa Pada Komunitas Instameet Surabaya. Jurnal Prodi Manajemen: Universitas Airlangga Surabaya. 2017. (Jurnal.unair.ac.id) (diunduh pada 14 Maret 2019 pk 11.50).

Kotler, P. 2007. Pemasaran I. Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Manai, R.C. 2015. Analisis SWOT Sebagai Dasar Penetapan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Restoran La Rucola Surabaya). Skripsi. Surabaya: Fakultas Ekonomi. Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya.

Mochklas, M., & Wibowo, T.S. 2018. Dasar-Dasar Manajemen Membangun Organisasi. Surabaya: TS. Publisher

Pearce, J.A., & obinson. R.B. 2014. Manajemen Strategis Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rahmayanti. 2015. Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Udang Beku PT. Mustika Mina Nusa Aurora Tarakan Kalimantan Utara. Jurnal Galung Tropika. Pangkep: Politeknik Pertanian Negri Pangkep.

Raharjo, R.I. 2017. Strategi Pemasaran Melalui Analisis Strength, Weakness, Opportunity, Threath (SWOT) Pada Usaha Penyewaan Lapangan Futsal Di Scudetto Futsal Banyuwangi. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negri Yogyakarta.

Rangkuti, Freddy. 2015. Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ravikawati, C., Fatihudin, D., & Mochklas, M. (2019). Pengaruh Harga, Citra Merek, Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Buku Gramedia Surabaya Expo. Jurnal EKSEKUTIF, 16(1): 63-79

Yadi, H. 2015. Pengetahuan Layanan Makanan Dan Minuman. Bandung: CV Alfabeta.

Sofyan, I. 2015. Manajemen Strategi Teknik Penyusunan Serta Penerapannya Untuk Pemerintah dan Usaha. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Srinandi, Ni LP. 2016. Analisis SWOT Sebagai Dasar Menentukan Strategi Pemasaran Kompetitif (Studi Kasus: Usaha Jasa Dekorasi X). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. 2016. Bali: Jurusan Sistem Komputer Bali.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Tandjung, J.W. 2016. Competitive Marketing Strategy. Jakarta: Kompas Gramedia

Ticoalu, L. K. (2013). Jurnal EMBA. Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dan Komitmen Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan, Vol. 1, No. 4, 782-790.

Wenda, C. O. (2015). Pengaruh Quality Of Work Life Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan Di CV Sinar Plasindo Agora. AGORA, Vol. 3, No. 2, 483-490.

Published

2021-09-30