Kualitas Layanan Jasa, Harga dan Lokasi dalam Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan di Bintang Arut Motor Lamongan
DOI:
https://doi.org/10.30651/imp.v1i1.9614Abstrak
The purpose of this study was to determine and analyze the quality of service, price and location affect customer loyalty in the Bintang Arut Motor Lamongan business. Tests on the accuracy of respondents' reactions were carried out by distributing questionnaires at Bintang Arut Motor Lamongan and were consumers and customers with a total of 97 respondents. The test method uses Multiple Linear Regression Analysis with SPSS for Windows Version 24 Program. The conclusions obtained are that: (1) Service Quality has a significant positive effect on Customer Loyalty (Y) at Bintang Arut Motor Lamongan; (2) Price has a significant positive effect on Customer Loyalty (Y) at Bintang Arut Motor Lamongan; (3) Location has a positive and insignificant effect on Customer Loyalty (Y) at Bintang Arut Motor Lamongan; (4) Service Quality, Price and Location have a simultaneous effect on Customer Loyalty (Y) at Bintang Arut Motor Lamongan. This shows that Customer Loyalty (Y) at Bintang Arut Motor Lamongan can be explained by 62% by the independent variable, namely Quality Services (X1), Price (X2) and Location (X3).
Â
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kualitas layanan jasa, harga dan lokasi berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan di usaha Bintang Arut Motor Lamongan. Pengujian terhadap ketepatan reaksi responden dilakukan dengan membagikan kuesioner di Bintang Arut Motor Lamongan dan merupakan konsumen dan pelanggan dengan jumlah 97 responden.
Metode pengujian menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan Program SPSS for Windows Versi 24. Kesimpulan yang diperoleh bahwasannya: (1) Kualitas Layanan Jasa berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) di Bintang Arut Motor Lamongan; (2) Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) di Bintang Arut Motor Lamongan; (3) Lokasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) di Bintang Arut Motor Lamongan; (4) Kualitas Layanan Jasa, Harga dan Lokasi berpengaruh secara simultan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) di Bintang Arut Motor Lamongan.. Hal ini menunjukkan bahwa Loyalitas Pelanggan (Y) di Bintang Arut Motor Lamongan dapat dijelaskan sebesar 62% oleh variabel independen yaitu Kualitas Layanan Jasa (X1), Harga (X2) Dan Lokasi (X3).
Keywords: Service Quality; Price; Location and Loyalty
Referensi
Anggriawan, F. (2017). Pengaruh Pelayanan, Harga, Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Kasus B-Prend Cafe (Survey Pada B-Prend Cafe Di Kabupaten Rembang). Jurnal Ekonomi Manajemen.
Bulan, T. P. (2016, NOVEMBER ). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.5, NO.2.
Chasanah, U. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Cafe Waroeng Pisa Purwokerto, Banyumas.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12. Alih Bahasa: Bob Sabran. . Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., dan Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Riduwan, D. M., dan Akdon, P. D. (2013). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rosnawati. (2017). Pengaruh Lokasi, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada TB. Sugeng Karya Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang.
Saktiyanto, T. (2017). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Konsumen Ahass Primadana Motor Pesanggaran – Banyuwangi. Jurnal Ekonomi Manajemen 2017.
Sugiyono. (2004). Statistika untuk Penelitian (Cetakan Keenam ed.). Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sundari, M. (2018). Pengaruh Kualitas Layanan, Lokasi, Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Sagita Farma Wonojoyo Gurah. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, Vol. 02 No. 01 Tahun 2018 .
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta
Hak cipta terhadap artikel yang diterbitkan di Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis adalah penerbit atau Improvement: Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Penulis harus menyerahkan hak cipta pada jurnal dengan menandatangai dan mengirimkan form penyerahan hak cipta (template) melalui email improvement@fe.um-surabaya.ac.id
Penulis dapat menyebarluaskan artikelnya melalui media manapun.
Lisensi
Setiap karya yang ditulis penulis dilisensi dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.