Pengaruh Insentif, Jaminan Sosial dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pada Komunitas Driver Gojek di Kota Surabaya

Authors

  • Achmad Juliandani Mulyadana Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,
  • Mochamad Mochklas Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Fauzie Senoaji Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstract

This research aimed to determine the effect of incentives, social security, and job satisfaction on performance. This research used quantitative research methods, namely multiple linear regression. Data collection was carried out directly by distributing questionnaires to 50 respondents. This research used a saturated sampling technique. The subjects were all members of  the gojek  driver study on the gojek driver community in Gubeng of Surabaya. The analysis tool in this research was multiple linear regression analysis with the help of SPSS program version 25. The results showed that  (1) Incentives had a  positive and significant effect on the performance of Surabaya gojek drivers with a tcount value of 4,401  (2) Social Security had a positive and significant effect on the performance of Surabaya gojek drivers with a tcount value of 0,258 (3) Job Satisfaction  had a positive and significant effect on gojek drivers in Surabaya with a tcount value of 2,556 4) Incentives, Social Security, and Job Satisfaction simultaneously affect driver performance  gojek in Surabaya with a calculated fvalue of 39,857.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh insentif, jaminan sosial, dan kepuasan kerja terhadap kinerja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, yaitu regresi linier berganda. Pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menyebar kuesioner kepada 50 responden. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh anggota driver gojek (studi pada komunitas driver gojek gubeng surabaya) Alat analisis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Insentif berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja driver gojek Surabaya dengan nilai thitung sebesar 4,401 (2) Jaminan Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja driver gojek Surabaya dengan nilai thitung sebesar 0,258 (3) Kepuasan Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap driver gojek Surabaya dengan nilai thitung sebesar 2,556 4) Insentif, Jaminan Sosial, dan Kepuasan Kerja berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja driver gojek Surabaya dengan nilai fhitung sebesar 39,857.

Author Biographies

Achmad Juliandani Mulyadana, Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,

Mahasiswa Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Kota Surabaya,

Mochamad Mochklas, Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Fauzie Senoaji, Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Published

2023-03-30