MENINGKATKAN JIWA SOSIAL ANAK MELALUI KARYA SASTRA BERUPA DONGENG (KAJIAN SASTRA ANAK)

Pheni Cahya Kartika (1)
(1) Pusat Dokumentasi Pendidikan dan Penelitian, Indonesia

Abstrak

ABSTRAK

Kehadiran sastra anak memiliki konstribusi yang besar bagi perkembangan kepribadian anak dalam proses menuju kedewasaan sebagai manusia yang mempunyai jati diri yang jelas. Dengan demikian, berarti konstribusi sastra bagi pembaca dan pendengar yang masih anak-anak dapat membentuk pertumbuhan berbagai pengalaman, sedangkan nilai sosial yang muncul semenjak anak usia 2 tahun juga dianggap penting bagi tahap perkembangannya selain intelektual dan emosisonal. Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial anak usia dini. Dapat juga diartikan sebagai proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral, dan tradisi; meleburkan diri menjadi suatu kesatuan yang saling berkomunikasi dan bekerja sama. Penelitian ini termasuk dalam bidang kajian sastra, pada konsentrasi kajian sosial. Penelitian ini termasuk kepada jenis content analisys atau analisis isi, yakni penekanan pada sastra anak khususnya dongeng, serta nilai sosial pada anak. Melalui dongeng selain metode sederhana yang disukai anak anak, melestarikan kegiatan ini akan menambah khasanah tersendiri dalam menjaga keberadaan sastra anak kedepannya.
Kata Kunci: Sastra Anak, Perkembangan Nilai sosial, Dongeng

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

DAFTAR RUJUKAN

Danandjaya. 2007. Foklor Indonesia. Jakarta: PT. Pusaka Utama Grafiti.

Goleman. 1997. Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kompasiana. 2013. Pengertian dasar Sastra Anak. Dalam www.edukasi.kompasiana.com 4 Mei 2015

Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nurgiyantoro, Burhan. 1995. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sarwadi. 1994. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jakarta: Gramedia.

Tarigan, Henry Guntur. 1995. Dasar-dasar Psikosastra. Bandung: Angkasa

Yusuf, Syamsul. 2006. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya

Penulis

Pheni Cahya Kartika
phenicahya.sulitiyo@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama