PENGARUH PEMBINAAN KARAKTER DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMK KRISTEN TAGARI RANTEPAO KABUPATEN TORAJA UTARA

Yoel mawa ratu (1)
(1) Universitas Kristen Indonesia Jakarta

Abstrak

Pembinaan karakter merupakan suatu cara membina dan merubah perilaku dan tingkah laku peserta didik di sekolah, karena seringkali dijumpai dalam kegiatan sehari hari setiap peserta didik di sekolah ditemukan beberapa masalah yang selalu dilakukan berulangkali, bahkan tanpa disadari dapat merugikan peserta didik lainnya dan merusak citra dan nama baik sekolah. Begitupula dengan faktor eksternal berupa lingkungan belajar. Lingkungan belajar dapat berupa lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan keluarga dimana peserta didik itu berada.Prestasi belajar adalah suatu hasil yang ditunjukkan dengan nilai atau angka dalam suatu pembelajaran baik keterampilan maupun pengetahuan. Dalam penelitian ini pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif.Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik purposive, yaitu pengambilan data dengan pertimbangan tertentudengan jumlah sampel sebesar 89 peserta didik. Variabel penelitian meliputi pembinaan karakter dan lingkungan belajarsebagai variabel bebas (independen) dan prestasi belajar (dependen) sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan suatu instrumen sebagai alat ukur untuk mengetahui pembinaan karakter peserta didik dan lingkungan belajar yaitu dengan menggunakan kuisioner/angket. Untuk mengukur prestasi belajar, alat ukur yang digunakan adalah mengambil daftar nilai rapor dari peserta didik pada semester genap 2021/2022. Uji coba instrumen dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas instrumen, uji mormalitas, dan uji linearitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan model regrasi linear berganda signifikan (uji “tâ€). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Pengujian hipotesis tersebut agar lebih mudah dihitung menggunakan aplikasi SPSS. 

Artikel teks lengkap

##article.generated_from_xml##

Referensi

Ahmad Z. (2018). Pendidikan Karakter Di Keluarga.

Azis, A. L. (2017). Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Bisnis Kelas X Peserta Didik Kelas X di Smkn 4 Makassar (Doctoral dissertation, PASCASARJANA).

Damanik, B. E. (2019). Pengaruh Fasilitas Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Publikasi Pendidikan, 9(1), 46-52.

Dangol, R., & Shrestha, M. (2019). Learning readiness and educational achievement among school students. The International Journal of Indian Psychology, 7(2), 467-476.

Hidayat, M. (2017). Pengaruh Kebiasaan Belajar, Lingkungan Belajar, dan Dukungan Orang Tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas IX IPS di Man Bangkalan. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 3(1), 103-114.

Kada’di, E. (2021). Pengaruh Pembinaan Karakter, Lingkungan Organisasi dan Pelatihan Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 437-447.

Limbong, M. (2020). Perkembangan Peserta Didik.

Marini, A. (2017). Character building through teaching learning process: Lesson in Indonesia. International Journal of Sciences and Research, 73(5), 177-182.

Palangda, L. (2017). Pengaruh lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga terhadap minat belajar ekonomi peserta didik di SMKN 4 Makassar (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Patma, A. (2016). Pengaruh Karakter Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Burau Kabupaten Luwu Timur (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Wahid, F. S., Setiyoko, D. T., Riono, S. B., & Saputra, A. A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(8), 555-564.

Penulis

Yoel mawa ratu
yoelmawa110581@gmail.com (Kontak utama)

Rincian Artikel

Artikel Serupa

<< < 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

No Related Submission Found