ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN KOPLING MANUAL PADA MOTOR SUPRA X 125 TAHUN 2010

Penulis

  • Yusuf Dwi Janarko Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Hadi Kusnanto Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Anastas Rizaly Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ilyas Sofana Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/resem.v1i1.20265

Abstrak

Perkembangan teknologi khususnya di bidang transportasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun, hal ini dibuktikan dengan semakin beragamnya tipe kendaraan yang beredar di pasar Indonesia khususnya sepeda motor. Kopling berperan penting dalam pemindahan transmisi. Penambahan kopling manual ini bertujuan mengetahui hasil perbedaan terhadap akselerasi,daya dan torsi. Dalam penelitian ini dilakukan eksperimen terhadap sepeda motor Supra X 125 2010 dengan melakukan penambahan kopling manual. Hal ini bertujuan untuk mengetahui hasil modifikasi sistem kopling otomatis ke sistem kopling manual terhadap akselerasi, daya dan torsi sepeda motor Supra X 125  2010. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil percepatan pada Sepeda Motor Supra X 125 2010 yang menggunakan sistem kopling otomatis memiliki nilai rata-rata 0,926 m/s2, sedangkan pada Sepeda Motor Supra X 125 2010 yang menggunakan sistem kopling manual memiliki nilai percepatan rata-rata 1,082 m/s2. Hasil pengujian diperoleh selisih sebesar 0,156 m/s2, dimana kopling manual lebih unggul dibandingkan kopling otomatis.

Kata Kunci: Akselerasi, kopling, otomatis, manual, daya dan torsi

Referensi

Perkembangan teknologi khususnya di bidang transportasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dari tahun ke tahun, hal ini dibuktikan dengan semakin beragamnya tipe kendaraan yang beredar di pasar Indonesia khususnya sepeda motor. Kopling berperan penting dalam pemindahan transmisi. Penambahan kopling manual ini bertujuan mengetahui hasil perbedaan terhadap akselerasi,daya dan torsi. Dalam penelitian ini dilakukan eksperimen terhadap sepeda motor Supra X 125 2010 dengan melakukan penambahan kopling manual. Hal ini bertujuan untuk mengetahui hasil modifikasi sistem kopling otomatis ke sistem kopling manual terhadap akselerasi, daya dan torsi sepeda motor Supra X 125 2010. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil percepatan pada Sepeda Motor Supra X 125 2010 yang menggunakan sistem kopling otomatis memiliki nilai rata-rata 0,926 m/s2, sedangkan pada Sepeda Motor Supra X 125 2010 yang menggunakan sistem kopling manual memiliki nilai percepatan rata-rata 1,082 m/s2. Hasil pengujian diperoleh selisih sebesar 0,156 m/s2, dimana kopling manual lebih unggul dibandingkan kopling otomatis.

Kata Kunci: Akselerasi, kopling, otomatis, manual, daya dan torsi

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-22

Cara Mengutip

Dwi Janarko, Y., Kusnanto, H., Rizaly, A., & Sofana, I. (2023). ANALISA PENGARUH PENAMBAHAN KOPLING MANUAL PADA MOTOR SUPRA X 125 TAHUN 2010. Rekayasa Sistem Energi Dan Manufaktur (ReSEM), 1(1), 8–18. https://doi.org/10.30651/resem.v1i1.20265