REDESAIN BRAKE COOLING DUCT PADA REM CAKRAM DEPAN SEPEDA MOTOR; ANALISIS PERUBAHAN TEMPERATUR DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD)

Penulis

  • Ilyas Sofana Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Mochammad Choirul Anam Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Imron Musthofa Politeknik Negeri Tanah Laut

Abstrak

Brake cooling duct adalah teknologi yang berguna untuk mengalirkan udara dari depan agar kaliper rem & disc brake tidak terlalu panas. Manfaat lain adalah menjaga temperatur mesin tetap normal karena mesin selalu mendapat udara segar. Penelitian ini menambahkan desain saluran udara atau brake cooling duct untuk mendinginkan disc brake   menggunakan simulasi ANSYS CFD dengan kecepatan 48 Km/h dan 98 Km/h untuk mendapatkan temperatur disc brake   saat melakukan pengereman tanpa cooling duct dan menggunakan brake cooling duct, perbedaan nilai heat flux setelah ditambahkan brake cooling duct, proses perubahan temperatur yang terjadi pada aliran udara dari brake cooling duct menyentuh permukaan disc brake   dengan kecepatan 48 Km/h dan 96 Km/h. Hasil didapatkan temperatur disc brake   saat melakukan pengereman tanpa cooling duct dengan nilai temperatur maksimum 137,74 ⁰C dan menggunakan brake cooling duct dengan kecepatan inlet udara 48 Km/h adalah maksimum 74,73 ⁰C dan 98 Km/h adalah 73.42 ⁰C. Terdapat perbedaan nilai heat flux setelah ditambahkan saluran udara / brake cooling duct sebesar 33116 W/m2 dengan kecepatan 48 Km/h dan 33746 W/m2 dengan kecepatan 96 Km/h. Perubahan temperatur yang terjadi pada aliran udara dari brake cooling duct menyentuh permukaan disc brake   dengan kecepatan 48 Km/h adalah 58.97 ⁰C, untuk kecepatan 96 Km/h adalah 60.26 ⁰C

Keywords: Brake cooling duct , Metode CFD, heat flux.

Referensi

Anurag Dey, 2015. (2015). Thermal Analysis of Disc brake in Order To Study. December.

Balasubramanyam, N. (2014). Design and Analysis of Disc brake Rotor for a Two Wheeler. International Journal of Mechanical and Industrial Technology, 1(1), 7–12.

Çengel, Y. A., Cimbala, J. M., & Turner, R. H. (2017). Fundamentals of fluid-thermal sciences. In Fundamentals of Thermal Fluid Sciences.

Daniel Das.A, Christo Reegan Raj.V, Preethy.S, R. B. . (2023). Structural and thermal analysis of disc brake rotor. AIP Conference Proceedings, 2754(1). https://doi.org/10.1063/5.0167373

Ducati Motor Holding S.p.A. (n.d.). Ducati Corse.pdf.

Hugar, D. S., & Kadabadi, P. U. B. (2017). Design and Thermal Analysis of Disc brake for Minimizing Temperature. International Research Journal of Engineering and Technology(IRJET), 4(7). https://irjet.net/archives/V4/i7/IRJET-V4I7687.pdf

Incroperara, F. P. and D. P. Dewitt, T. l. bergman, A. S. lavine. (2006). Free Convection. In Fluid Mechanics and its Applications (Vol. 112). https://doi.org/10.1007/978-3-031-28920-0_19

Khatami, M., Muslim, Z. A., & Kurniawan, Y. J. (2023). Design of brake failure control on motorcycle disc brake s through an integrated cooling system. Journal of Engineering and Applied Technology, 4(2), 106–114. https://doi.org/10.21831/jeatech.v4i2.65235

Raja, T., Mathiselvan, G., Sreenivasulureddy, M., & Goldwin Xavier, X. (2017). Design and analysis of Air flow duct for improving the thermal performance of disc brake rotor. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 197(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/197/1/012086

Sarkar, S. (2013). Review Paper on Thermal Analysis of Ventilated Disc brake by Varying Design Parameters. International Journal of Engineering Research & Technology, 2(12), 1077–1081.

Shah, R., Shah, C., & Thigale, S. (2017). Design and analysis of a hydraulic Brake caliper. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 8(5), 33–41.

Shaik, A. F. B., & Srinivas, C. L. (2012). Structural and thermal analysis of disc brake with and without crossdrilled rotar of race car. International Journal of Advanced Engineering Research and Studies (IJAERS), Volume IV(Issue July-Sept), pp 39-43.

Singh, M., Pal, D., & Sen, N. (2022). Understanding and improving the brake cooling in disc brake s. 9(2), 309–321.

Fikri, Indra.2020.” Mantap! Ini Dia Regulasi Teknik Balap Motor Road Race Kejurnas Oneprix dan MotoPrix 2020”, https://www.motorplus-online.com. Diakses 20 November 2023

Jones, R.M. (1999). Mechanics of Composite Materials Second Edition. London: Taylor and Francis Group.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-22

Cara Mengutip

Sofana , I., Choirul Anam, M., & Musthofa, I. (2024). REDESAIN BRAKE COOLING DUCT PADA REM CAKRAM DEPAN SEPEDA MOTOR; ANALISIS PERUBAHAN TEMPERATUR DENGAN METODE COMPUTATIONAL FLUID DYNAMICS (CFD). Rekayasa Sistem Energi Dan Manufaktur (ReSEM), 2(1), 85–92. Diambil dari https://journal.um-surabaya.ac.id/ReSEM/article/view/21924