Simulasi Numerik dan Modifikasi Desain Sesuai Regulasi Shell Eco Marathon Performa Aerodinamika Pada Mobil Urban Consept
Abstrak
Shell Eco Marathon merupakan ajang kompetisi yang digelar tiap tahun dan peserta dari berbagai sekolah maupun universitas di penjuru dunia sebagai ajang untuk inovasi mobil agar tercapai efisiensi kendaraan yang optimum dan terutama hemat bahan bakar dengan menggunakan simulasi desain bodi menggunakan metode computational fluid dynamics. Hasil simulasi menunjukkan desain bodi 2 memiliki koefisien drag lebih rendah 0.011699 - 0.013979 (11,8% - 14,23%) di 3 variasi kecepatan iinlet dari pada desain bodi 1. Dari desain bodi 2 didapatkan nilai downforce yang lebih baik sehingga traksi mobi lebih baik saat di kendarai dengan penurunan gaya lift di bandingkan bodi 1 dengan nilai selisih koefisien lift sebesar 0.001395 - 0.003878 (57,42%- 85,40%). Dengan hasil yang dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan bodi 2 memiliki bodi yang lebih aerodinamis serta karena downforce yang dihasilkan lebih baik maka traksi, kesetabilan saat dikendarai dan daya cengkraman ban lebih baik dibandingkan desain bodi 1.
Referensi
Abidin, H. F. Z., Rahman, M. T. A., Adom, A. H., Jamir, M. R. M., Halim, S. S., & Nawi, M. A. H. M. (2023). An Analysis of Urban Vehicle Body Aerodynamics Using Computational Fluid Dynamics for the Shell Eco-Marathon Challenge. Journal of Advanced Research in Applied Sciences and Engineering Technology, 30(2), 75–91. https://doi.org/10.37934/araset.30.2.7591
Bakdam Khoirul Hamza. (2021). Desain dan Analisis Aerodinamika Undertray Pada Mobil Formula Student Sapuangin Speed. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Council, N. R. (2011). Assessment of Fuel Economy Technologies for Light-Duty Vehicles. The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/12924
Damjanović, D., Kozak, D., Živić, M., Ivandić, Ž., & Baškarić, T. (2011). CFD analysis of concept car in order to improve aerodynamics. Járműipari Innováció, 1(2), 108–115.
Fakhruddin, M., Wicaksono, H., Baananto, F., Iman Firmansyah, H., Pramita Sari, N., Muzaki, M., Rizky Akbarsyah, K. D., Noveri Dwi Hardyanto Jurusan Teknik Mesin, D., Negeri Malang, P., Soekarno Hatta No, J., & Malang, K. (2021). Optimasi Aerodinamika Bodu Mobil Hemat Energi Ken Dedes Electric Evo 3 Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics (CFD). In EKSERGI Jurnal Teknik Energi (Vol. 17, Issue 1). https://jurnal.polines.ac.id/index.php/eksergi
Mcalpine, A. J. (2022). DESIGN & AERODYNAMIC ANALYSIS FOR A FORMULA SAE RACECAR Project Conducted by : 1–49.
McLean, D. (2018). Aerodynamic Lift, Part 2: A Comprehensive Physical Explanation. The Physics Teacher, 56(8), 521–524. https://doi.org/10.1119/1.5064559
Nugraha, A. Y. E. (2021). Simulasi Numerik Pengaruh Penambahan Front Wing Dan Rear Wing Terhadap Performa Aerodinamika Pada Mobil Formula Student Nogogeni ITS. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Oxyzoglou, I. (2017). Design & Development of an Aerodynamic Package for an FSAE Race Car. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.24595.37920/1
Salim, S. M., & Cheah, S. (2009). Wall Y strategy for dealing with wall-bounded turbulent flows. Proceedings of the International Multiconference of Engineers and Computer Scientists, 2, 2165–2170.
Sh Mahdi Al-Obaidi, A., Mahdi Al-obaidi, A. S., & Lai Shen, S. A. (2018). Effect of size and shape of side mirrors on the drag of a personal vehicle. In Article in Journal of Engineering Science and Technology. https://www.researchgate.net/publication/326494093
Shell Eco-Marathon. (2023). Shell Eco-Marathon 2023 Official Rules Chapter I.
Suryady, S., & Zhafran, R. (2022). ANALISA DESAIN BODI KENDARAAN TIPE URBAN CONCEPT PADA PENGARUH KOEFISIEN DRAG DAN KOEFISIEN LIFT. In PRESISI (Vol. 24, Issue 1).
Ullah, A., Badar Zaman, M., Aashan Bhatti, M., Qasim, D., Hamid, A., Xiong, Q., & Khan, A. (2021). CFD study of drag and lift coefficients of non-spherical particles. Journal of King Saud University - Engineering Sciences. https://doi.org/10.1016/j.jksues.2021.10.003
Yunus A. Çengel, & John M. Cimbala. (2006). Fluid Mechanic: Fundamentals and Aplication. The McGraw-Hill Companies, Inc.