PENINGKATAN NILAI KONSTANTA KEKAKUAN PADA SHOCK ABSORBER BEKAS SEPEDA MOTOR DENGAN PROSES ANNEALING
DOI:
https://doi.org/10.30651/resem.v2i1.20609Abstrak
Pegas (Spring) umumnya digunakan pada beragam pengembangan mesin, pegas saat digunakan harus mampu menciptakan tenaga sesuai, meredam benturan, mengasimilasi dan menyimpan energi untuk meredam getaran. Dalam penelitian ini dilakukan proses pembakaran pegas secara annealing dengan variasi besar suhu dan lama waktu pembakaran, kemudian di dinginkan dengan menggunakan teknik normalizing. Pegas yang digunakan adalah shockbreaker mio soul. Perbedaaan suhu pembakaran yang digunakan adalah 400, 450, 500, dengan pengujian konstanta menggunakan uji tekan secara dinamis. Dari hasil penelitian terlihat bahwa terjadi perubahan nilai konstanta kekakuan akibat perubahan temperatur pemanasan annealing. Ketika W 1000N, temperatur annealing 400 °C : 2500 N/m, 450 °C : 2875 N/m, 500 °C : 2272N/m. Temperatur pemanasan yang menghasilkan nilai konstanta kekakuan yang tepat terdapat pada temperatur suhu 450 °C dengan nilai konstanta pada W 1000 N 2875 N/m.
Kata Kunci : Pegas, Annealing, Shock breaker, Konstanta
Referensi
Agus. S (2022). Dasar Metalurgi Pengetahuan Dasar dan Wawasan Ilmu Logam. Cetakan Pertama. PT.
Erlangga. Jakarta. 978-623-7619-37-6
Anhari, (2017). Pengaruh Temperatur Proses Pack Carburizing Terhadap Struktur Mikro dan Kekerasan Baja
Karbon rendah Dengan Media Pendingin Air. Jurnal Teknik Mesin. Universitas Sriwijaya
Handono,Y. (2019). Analisa Pengaruh Temperatur Karbonisasi Dan Penambahan Karbon Terhadap Sifat
Mekanik Baja St 60 Pada Poros Roda Motor Supra X Jurnal Teknik Mesin.
Indarto. D (2009). Pengaruh Waktu Tahan Proses Hot Dipping Baja Karbon Rendah Terhadap Ketebalan
Lapisan, Kekuatan Tarik Dan Harga Impak Dengan Bahan Pelapis Alumunium. Jurnal Teknik Mesin.
Universitas Muhammadiyah Surabaya
Nugroho, L. S. (2017). Pengaruh Proses Annealing Terhadap Perubahan Kekerasan dan Struktur Mikro
pada Pipa SA 179 yang telah Mengalami Pengbengkokan. Skripsi, 1(1), 1–67.
Prasetyo, H. (2018). Analisa Pengaruh Heat Treatment Terhadap Kekerasan Material Baja S45C. Jurnal
Teknik Mesin. Vol 6 (2), 29-34 Mengalami Pengbengkokan. Skripsi, 1(1), 1–67.
Rahmadianto, F., & A.P, G. (2020). Analisa Pengaruh Variasi Displacement Shock Absorber Kendaraan
Bermotor Terhadap Respon Getaran. Journal Mechanical and Manufacture Technology, 1(1), 18–
23.
Rahmadianto, F., & A.P, G. (2020). Analisa Pengaruh Variasi Displacement Shock Absorber Kendaraan
Bermotor Terhadap Respon Getaran. Journal Mechanical and Manufacture Technology, 1(1), 18–
23.
Soares, H. (2012). Analisa Pengaruh Proses Heat Treatment Terhadap Variasi Beban dan Waktu pada
PorosRoda Belakang Sepeda Motor Honda Supra Fit Jurnal Teknik Mesin. UNTAG
Suhandoko. (2014). Analisis getaran pada sistem suspensi kendaraan roda dua (yamaha jupiter z 2004)
menggunakan simulasi software matlab 6.5. Journal Mechanical and Manufacture Technology, 1(1),
1–15.
Sularso Suga, K. (2004). Dasar Peracangan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Paper Knowledge . Toward a
MediaHistory of Documents, 1(1), 1–350.
Trihutomo, P. (2014). Pengaruh Proses Annealing Pada Hasil Pengelasan Terhadap Sifat Mekanik Baja
Karbon Rendah. Jurnal Teknik Mesin, 22(1), 81–88.
https://media.neliti.com/media/publications/134083-ID- pengaruh-proses-annealing-pada-
hasil-pen.pdf
Yudhawan, R. . (2022). Pengaruh Variasi Degree Of Availability (D.O.A) Urea Pada Proses Pack Nitriding
Terhadap Sifat Fisik Dan Mekanik Dari Procket Drive Non Pabrik Resmi Sepeda Motor Jurnal Teknik
Mesin.
Zayadi, S. (2019). Pengaruh Waktu Tempering Terhadap Karakter Baja s45c Pasca Quenching pada 950C
dan Tempering 500C. Jurnal Teknik Mesin. Universitas Nasional Jakarta. 1(1), 10.
Zemansky, S. &. (2002). FISIKA UNIVERSITAS (A. Safitri (ed.); 1st ed.). ERLANGGA.
https://id.scribd.com/document/459802441/fisika-universitas-edisi-kesepuluh-jilid-1-
young-and- freedman-pdf







