PENINGKATAN NILAI KONSTANTA KEKAKUAN PADA SHOCK ABSORBER BEKAS SEPEDA MOTOR DENGAN PROSES ANNEALING

Penulis

  • Hadi Kusnanto Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Anastas Rizaly Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Mochamad Adhita Pangestu F Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/resem.v2i1.20609

Abstrak

Pegas (Spring) umumnya digunakan pada beragam pengembangan mesin, pegas saat digunakan harus mampu menciptakan tenaga sesuai, meredam benturan, mengasimilasi dan menyimpan energi untuk meredam getaran. Dalam penelitian ini dilakukan proses pembakaran pegas secara annealing dengan variasi besar suhu dan lama waktu pembakaran, kemudian di dinginkan dengan menggunakan teknik normalizing. Pegas yang digunakan adalah shockbreaker mio soul. Perbedaaan suhu pembakaran yang digunakan adalah 400, 450, 500, dengan pengujian konstanta menggunakan uji tekan secara dinamis. Dari hasil penelitian terlihat bahwa terjadi perubahan nilai konstanta kekakuan akibat perubahan temperatur pemanasan annealing. Ketika W 1000N, temperatur annealing 400 °C : 2500 N/m, 450 °C : 2875 N/m, 500 °C : 2272N/m. Temperatur pemanasan yang menghasilkan nilai konstanta kekakuan yang tepat terdapat pada temperatur suhu 450 °C dengan nilai konstanta pada W 1000 N 2875 N/m.

 

Kata Kunci : Pegas, Annealing, Shock breaker, Konstanta

Referensi

Agus. S (2022). Dasar Metalurgi Pengetahuan Dasar dan Wawasan Ilmu Logam. Cetakan Pertama. PT.

Erlangga. Jakarta. 978-623-7619-37-6

Anhari, (2017). Pengaruh Temperatur Proses Pack Carburizing Terhadap Struktur Mikro dan Kekerasan Baja

Karbon rendah Dengan Media Pendingin Air. Jurnal Teknik Mesin. Universitas Sriwijaya

Handono,Y. (2019). Analisa Pengaruh Temperatur Karbonisasi Dan Penambahan Karbon Terhadap Sifat

Mekanik Baja St 60 Pada Poros Roda Motor Supra X Jurnal Teknik Mesin.

Indarto. D (2009). Pengaruh Waktu Tahan Proses Hot Dipping Baja Karbon Rendah Terhadap Ketebalan

Lapisan, Kekuatan Tarik Dan Harga Impak Dengan Bahan Pelapis Alumunium. Jurnal Teknik Mesin.

Universitas Muhammadiyah Surabaya

Nugroho, L. S. (2017). Pengaruh Proses Annealing Terhadap Perubahan Kekerasan dan Struktur Mikro

pada Pipa SA 179 yang telah Mengalami Pengbengkokan. Skripsi, 1(1), 1–67.

Prasetyo, H. (2018). Analisa Pengaruh Heat Treatment Terhadap Kekerasan Material Baja S45C. Jurnal

Teknik Mesin. Vol 6 (2), 29-34 Mengalami Pengbengkokan. Skripsi, 1(1), 1–67.

Rahmadianto, F., & A.P, G. (2020). Analisa Pengaruh Variasi Displacement Shock Absorber Kendaraan

Bermotor Terhadap Respon Getaran. Journal Mechanical and Manufacture Technology, 1(1), 18–

23.

Rahmadianto, F., & A.P, G. (2020). Analisa Pengaruh Variasi Displacement Shock Absorber Kendaraan

Bermotor Terhadap Respon Getaran. Journal Mechanical and Manufacture Technology, 1(1), 18–

23.

Soares, H. (2012). Analisa Pengaruh Proses Heat Treatment Terhadap Variasi Beban dan Waktu pada

PorosRoda Belakang Sepeda Motor Honda Supra Fit Jurnal Teknik Mesin. UNTAG

Suhandoko. (2014). Analisis getaran pada sistem suspensi kendaraan roda dua (yamaha jupiter z 2004)

menggunakan simulasi software matlab 6.5. Journal Mechanical and Manufacture Technology, 1(1),

1–15.

Sularso Suga, K. (2004). Dasar Peracangan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Paper Knowledge . Toward a

MediaHistory of Documents, 1(1), 1–350.

Trihutomo, P. (2014). Pengaruh Proses Annealing Pada Hasil Pengelasan Terhadap Sifat Mekanik Baja

Karbon Rendah. Jurnal Teknik Mesin, 22(1), 81–88.

https://media.neliti.com/media/publications/134083-ID- pengaruh-proses-annealing-pada-

hasil-pen.pdf

Yudhawan, R. . (2022). Pengaruh Variasi Degree Of Availability (D.O.A) Urea Pada Proses Pack Nitriding

Terhadap Sifat Fisik Dan Mekanik Dari Procket Drive Non Pabrik Resmi Sepeda Motor Jurnal Teknik

Mesin.

Zayadi, S. (2019). Pengaruh Waktu Tempering Terhadap Karakter Baja s45c Pasca Quenching pada 950C

dan Tempering 500C. Jurnal Teknik Mesin. Universitas Nasional Jakarta. 1(1), 10.

Zemansky, S. &. (2002). FISIKA UNIVERSITAS (A. Safitri (ed.); 1st ed.). ERLANGGA.

https://id.scribd.com/document/459802441/fisika-universitas-edisi-kesepuluh-jilid-1-

young-and- freedman-pdf

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-22

Cara Mengutip

Kusnanto, H., Rizaly, A., & Adhita Pangestu F, M. (2024). PENINGKATAN NILAI KONSTANTA KEKAKUAN PADA SHOCK ABSORBER BEKAS SEPEDA MOTOR DENGAN PROSES ANNEALING. Rekayasa Sistem Energi Dan Manufaktur (ReSEM), 2(1), 61–72. https://doi.org/10.30651/resem.v2i1.20609

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama