Pengembangan Model Pelatihan Coaching dan Peer Tutoring sebagai upaya meningkatkan kompetensi Pendidik KB/TPA Fairuz Aqila pada saat Pandemi Corona Action Research Study

Penulis

  • Ismuningsih Ismuningsih Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Imam Mawardi Universitas Muhammadiyah Magelang

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.9417

Abstrak

Abstrak

 

Menurunnya kompetensi pendidik pada masa pandemi  merupakan permasalahan mendasar di KB/TPA Fairuz Aqila. Diperlukan program berkelanjutan agar kualitas lembaga sesuai dengan standar PAUD seperti (1) program peningkatan kompetensi pendidik (2) penyusunan SOP lembaga. Penulisan ini bertujuan untuk memaparkan strategi coaching dan peer tutoring di KB/TPA Fairuz Aqila Dusun  Sorogenen II, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman DIY untuk meningkatkan kompetensi pendidik pada saat pandemic Covid19. Strategi ini berlangsung selama tahun 2021. Hasil dari coaching dan peer tutoring adalah; (1) meningkatnya kemampuan pendidik membuat Rencana Pembelajaran dipadukan dengan ciri khas lembaga (2) Adanya prosedur layanan pendidikan di lembaga (3) meningkatnya jumlah murid pada saat pandemi Covid 19. Produk-produk yang dihasilkan proses coaching adalah buku saku pendidik (pertanyaan terbuka, dolanan anak, saintifik), SOP yang dibukukan, stiker, buletin, rencana pembelajaran berdasarkan kurikulum 2018. Semua produk merupakan hasil karya pendidik KB/TPA Fairuz Aqila.

Kata kunci ; peningkatan kompetensi pendidik , Coaching dan Peer Tutoring

Biografi Penulis

Ismuningsih Ismuningsih, Universitas Muhammadiyah Magelang

Pengelola PAUD FAiruz Aqila

Pendiri Yayasan Tetulung

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-06

Cara Mengutip

Ismuningsih, I., & Mawardi, I. (2022). Pengembangan Model Pelatihan Coaching dan Peer Tutoring sebagai upaya meningkatkan kompetensi Pendidik KB/TPA Fairuz Aqila pada saat Pandemi Corona Action Research Study. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.9417

Terbitan

Bagian

Artikel