ANALISIS LITERATUR : PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK USIA DINI 4-5 TAHUN
Abstrak
Analisis literatur mengenai pengembangan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini 4-5 tahun menunjukkan pentingnya peran pendidikan matematika pada tahap perkembangan ini. Anak pada usia tersebut sedang berada dalam tahap perkembangan kognitif yang pesat, di mana mereka mulai mengenali hubungan antara objek fisik dan simbol-simbol yang mewakili konsep-konsep matematika, seperti lambang bilangan. Proses pengenalan lambang bilangan tidak hanya melibatkan aspek visual, tetapi juga aspek pemahaman konsep numerik yang lebih abstrak. Melalui interaksi yang tepat, anak dapat mulai memahami bahwa lambang bilangan (misalnya angka 1, 2, 3) mewakili jumlah objek atau konsep tertentu. Pentingnya stimulasi dalam pengenalan lambang bilangan ini didasarkan pada perkembangan bahasa dan kognitif anak. Pembelajaran yang berbasis permainan dan kegiatan yang menyenangkan dapat membantu anak-anak untuk lebih mudah mengenali lambang bilangan. Selain itu, penggunaan berbagai media, seperti kartu angka, benda konkret, dan aplikasi edukatif, dapat mendukung pemahaman anak dalam menghubungkan angka dengan jumlah nyata. Guru atau pendidik perlu menciptakan lingkungan yang mendukung eksplorasi angka dan memberi kesempatan bagi anak untuk berinteraksi langsung dengan konsep bilangan. Dengan demikian, pengembangan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini dapat menjadi dasar yang kuat bagi pembelajaran matematika lebih lanjut di masa depan, serta mendukung perkembangan kognitif mereka secara keseluruhan.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
