PENERAPAN TEKNIK SCAFFOLDING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN ANAK USIA DINI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan teknik Scaffolding dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di PAUD Hafidz Hafidzah MHQ Banggai Kepulauan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi, wawancara dan catatan lapangan. Adapun prosedur penelitian ini adalah: mengumpulkan data melalui wawancara dan observasi, mengidentifikasi data, menganalisis data dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan teknik Scaffolding dapat meningkatkan minat belajar Al-Qur’an pada anak usia dini. Adapun tahapan Scaffolding yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar adalah (1) upaya pencegahan dengan cara menjelaskan kepada anak cara mengucapkan huruf, memberikan contoh kata yang memiliki huruf awal dari huruf hijaiyah yang dikenalkan dan menirukan bunyi huruf tersebut (2) upaya pengembangan dilakukan dengan menyediakan alat bantu berupa papan tulis, spidol dan kartu huruf, dan (3) upaya penyembuhan dilakukan dengan memberikan motivasi, semangat dan kesempatan kepada anak dalam mengenal huruf hijaiyah.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
