NILAI PENDIDIKAN ANAK PADA CERITA RAKYAT “TEGASU MALEI†MASYARAKAT BUTON PROVINSI SULAWESI TENGGARA
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan peneltian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan cerita rakyat Tegasu Malei masyarakat Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya nilai pendidikan dalam cerita rakyat Tegasu Malei masyarakat Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara diantaranya: (a). Nilai moral yang terdiri dari nilai kepatuhan, nilai jujur, nilai rendah hati, nilai durhaka, nilai buruk sangka, nilai keegoisan, nilai mencuri (b). Nilai religious terdiri dari nilai berdo’a dan nilai tawakal (c). Nilai sosial terdiri dari nilai keadailan, nilai kasih sayang, nilai saling menolong, nilai pengabdian, dan nilai kepedulian. serta (d). Nilai kepahlawanan yang terdiri dari nilai rela berkorban, nilai pantang menyerah, nilai menepati janji dan nilai setia kawan.
Kata Kunci: Nilai pendidikan, Cerita rakyat Tegasu Malei.
Referensi
Ena, Amiruddin. 2013. Cerita Rakyat Tegasu Malei; Majalah Pabitara, Edisi XVI. Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara: Kendari
Juwati. 2018. Sastra Lisan Bumi Silampari: Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish
Koentjayaningrat. 1984. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Gramedia
Nurgiantoro, Burhan. 2019. Penelitian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Ruslan. 2011. Analisis Nilai Sosiologi Dalam Cerita Rakyat Tanjung Pamali Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton; Skripsi. Baubau: UM Buton
Salwiah. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Pangeran Telur Karya Sandra Safitri; Tesis. Surabaya: Unitomo
Suseno, Franz Magnis. 2000. Dua Belas Tokoh Etika Abad 20. Yogyakarta: Kanisius
Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
