Peran Guru Sebagai Pendamping Pada Anak Hiperaktif Usia 3-4 Tahun Di TK Rahayu

Penulis

  • Putri Ayu Maharani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahono . Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Aristiana P Rahayu Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i1.1253

Abstrak

Abstrak

Peran pertama guru memiliki peran penting dalam membimbing dan memberi stimulus yang tepat bagi siswa di sekolah. Salah satu peran guru yang paling penting adalah membimbing saat para siswa melakukan aktivitas untuk menyelamatkan siswa dan memberi panduan perkembangan dan pertumbuhan anak.

 

Anak-anak yang hiperaktif adalah anak-anak yang memiliki kelainan neurologis tertentu dengan kesulitan dalam berkonsentrasi dan cenderung melakukan banyak gerak (Via Azmira, 2015: 6). Orang tua yang memiliki anak dengan perilaku hiperaktif harus lebih sabar dan mampu memenuhi gizi anak dengan baik.

 

Masalah penelitian dalam penelitian ini adalah peran guru dalam membimbing anak hiperaktif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu data yang digunakan berupa kata-kata dan lebih fokus pada materi pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi pada orang tua dan anak mereka.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak hiperaktif adalah anak-anak untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan tujuan yang tepat.

 

Kata kunci: Peran Guru, Hiperaktif

Biografi Penulis

Putri Ayu Maharani, Universitas Muhammadiyah Surabaya

PG PAUD UMSurabaya

Wahono ., Universitas Muhammadiyah Surabaya

PG PAUD UMSurabaya

Aristiana P Rahayu, Universitas Muhammadiyah Surabaya

PG PAUD

Referensi

Aprilia Putri Wening, 2016, Skripsi, Persepsi Guru Terhadap gaya belajar anak hiperaktif, Yogyakarta.

Azmira, Via, A Gift : Anak Hiperaktif- Memahami, Mendeteksi, Terapi dan Pola Asuh yang tepat Bila Memiliki Anak Hiperaktif. 2015. Yogyakarta:Tim Redaksi Cemerlang.

Baihaqi, Sugiharmin. Memahami dan membantu anak ADHD. 2008. Bandung: PT Refika Aditama

Batshaw dan perret, 1986:261 dalam buku Pendidikan Anak Usia Dini. Buku orientasi pendidikan anak usia dini

Bunging, B. 2007. Penelitian Kualitatif. Prenada Media Grup: Jakarta

Bunging, B.2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Raja Grafindo Persada : Jakarta

Bunging, B.2007. Penelitian Kualitatif. Prenada Media Grup : Jakarta

ekowarni, E. 2005. Peranan Stimulasi Psikologi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang Anak Usia Dini. Buletin PADU, jurnal ilmiah anak usia dini, edisi khusus 2005. Jakarta: Direktorat PAUD.

Emosi anak usia dini dan strategi pengembangan hal 117 riana mashar,msi.psi

Erman. 2002. “Gangguan Kurang perhatian dan hiperaktifitas pada anakâ€. Sari Pediatri 4(2): 54-58

F.L. Whitney, ibid, 1960. The Elements of Research. Asian Eds. Osaka:Overseas Book Co.

Fadhli, Aulia. Buku Pintar Kesehatan Anak. 2008. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.

Hurlock, E. 1991. Psikologi Perkembangan Anak. Jilid 1( terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga

Hurlock, Elizabeth B., Development Psychology A life-span aproach, New York: McGraw-Hill, Inc, 198

John W, Santrock ,Hal 11 (2006) Perkembangan Anak,University of texas, Dallas

John, b, watson. 2012. psikologi perkembangan. Jakarta : Penerbit erlangga

Mahdi, Mahmud, 2006, Problim Anak. Jakarta: Bonafida Cipta Pratama

Miles, M., & Huberman, M .1992. Qualitative Data Analysis. Sage Publications, inc.

Nasir, Moh. 1999. Metode Penelitian. PT Ghalia : Bandung

Nusa, Putra. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta. PT Indeks

Pendidikan anak usia dini. Carol seefeldt dkk,2008, pt macanan jaya cemerlang, jilid 1 hal118

Prasetyono. Dwi Sunar. 2007. Membedah Psikologi Bermain Anak. Yogyakarta: Penerbit Think

Smith, A.G., & Louis, K.S. (Eds.), 1982. Multhimethod policy research: Issues and applications. Americab Behavior Scientists,26(1)

Suharsimi, Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta. PT Asdi Mahasatya

wiwin dinar. 2008. psikolologi anak usia dini. Surakarta : indeks

Zaviera, Ferdinand. Anak Hiperaktif. 2014. Yogyakarta: Az-Ruzz Media Grup

Diterbitkan

2018-05-05

Cara Mengutip

Maharani, P. A., ., W., & Rahayu, A. P. (2018). Peran Guru Sebagai Pendamping Pada Anak Hiperaktif Usia 3-4 Tahun Di TK Rahayu. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 4–50. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i1.1253

Terbitan

Bagian

Artikel