Upaya Penerapan Penilaian Pembelajaran Daring Melalui Kegiatan Zoom Meeting
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v9i1.12062Abstract
Dalam proses pembelajaran yang mendasari bagaimana terjadinya evaluasi terhadap berjalannya suatu proses pembelajaran merupakan hasil dari adanya penilaian. karena penilaian merupakan proses pengukuran terhadap hasil dari kegiatan belajar anak, yang dalam artian lain penilaian pembelajaran merupakan suatu rekapan atau pengumpulan informasi dan data tentang sebuah hasil/capaian pembelajaran peserta didik. Perlu di lakukannya penilaian yang berupa pengamatan yang di lakukan oleh seorang pendidik atau guru, karena pada dasarnya selain guru memfasilitasi dalam proses berjalannya pengajaran peserta didik, guru juga perlu melakukan pengamatan yang di mana dalam hal tersebut guru mengamati hal – hal apa saja yang sudah di ketahui anak, apa yang sudah bisa di lakukan anak dalam segi kebiasaan atau tindakan dari sebuah perintah. Akan tetapi, dalam hal ini bukan suatu hal yang harus di lakukan hanya pembelajaran secara tatap muka saja, Proses berjalannya pembelajaran secara daring juga perlu adanya penilaian yang di mana sebagai acuan untuk guru dalam mengamati setiap peserta didiknya. Untuk itu, perlu adanya pemahaman bagi guru terkait upaya dalam menerapkan penilaian pembelajaran yang terjalin secara daring dengan menggunakan sebuah perangkat yang dapat membantu bahkan memudahkan untuk kelancaran proses pembelajaran secara daring yang salah satunya perangkat lunak seperti ZoomReferences
Afrilia, D. (2021, December). Strategi Guru
Dalam Melaksanakan Penilaian
Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19
Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. In Prosiding
Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1) Farida, I. (2017). Evaluasi Pembelajaran
Berdasarkan Kurikulum Nasional
Gazali Far-Fa, 2021,“Efektifitas Penggunaan
Aplikasi Zoom Meeting Dalam
Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19†,
ISTORIA: Jurnal Pendidikan dan Sejarah,
Vol.,17 Kumar, V., & Nanda, P. 2019. Social Media
on Higher Education: A Framework for
Continuous Engagement. Internasional
Jurnal of Information and Communiation
Technologi Education, 15(1): 109-120 Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020).
Kompetensi Pedagogik Guru dalam
Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak
Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan
Anak Usia Dini, 4(2), 900-91
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
