Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok A1 Tk Taman Ananda Surabaya

Authors

  • Norma Yunita TK Taman Ananda

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3610

Abstract

Keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun, pada umumnya anak akan mampu menjawab pertanyaan sederhana, menceritakan kembali isi cerita dan aktif bertanya. Hasil pengamatan pada anak kelompok A1 TK Taman Ananda Surabaya, ditemukan bahwa keterampilan berbicara pada anak kelompok A1 masih kurang dalam hal anak belum bisa menceritakan kembali isi cerita, anak masih belum bisa menjawab pertanyaan sederhana dan anak kurang aktif bertanya. Salah satu cara agar keterampilan berbicara anak meningkat adalah menggunakan metode story telling. Melalui metode story telling, anak mampu lebih aktif dalam bertanya, anak mampu menjawab pertanyaan dari guru dan anak mampu menceritakan kembali isi cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode story telling terhadap keterampilan berbicara pada anak kelompok A1 TK Taman Ananda Surabaya
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subyek dari penelitian ini berjumlah 19 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon matched pairs test. Hasil penelitian uji wilcoxon matched pairs test menunjukkan bahwa nilai THitung= 0 dan nilai signifikasi yang dipakai adalah 5% dan N= 19 maka diperoleh TTabel= 46 karena THitung< TTabel (0<46) maka Ha diterima, sehingga metode story telling berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada anak kelompok A1 TK Taman Ananda Surabaya

References

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Bachri, S Bachtiar. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Dhieni, Nurbiana dkk. (2009). Materi Pokok Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Dhieni, Nurbiana dkk. (2012). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Fadillah Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik&Praktik. Jogjakarta: Ar-ruzz Media

Gunarti, dkk. (1996). Pedoman Perencanaan dan Evaluasi Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta:PGTK Darul Qolam

Hasan, Maimunah. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press

Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Idris, H Meity. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Anak Melalui Dongeng. Jakarta: PT Luxima Metro Media

Iskandarwassid & Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Kundharu Saddhono & Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati

Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana

Majid, Abdul Aziz Abdul. (2005). Mendidik Anak Lewat Cerita. Jakarta: Mustaqiim

Maidar G. Arsjad & Mukti. (1993). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rhineka Cipta

Muammar. (2008). Pembelajaran Berbicara yang Terabaikan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa & Sastra dalam Berbagai Perspektif (Nomor 27 Tahun 2008) Hlm. 315-322.

Mudini Salamat Purba. (2009). Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional

Musfiroh, Tadkiroatun. (2005). Bercerita Untuk Anak Usia Dini, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Rahayu, Aprianti. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita Anak Usia TK. Jakarta: PT Indeks

Rahman,Hibana. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Alex Media

Santosa, Puji dkk. (2006). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudarna. (2014). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Berkarakter. Jakarta: Genius Publisher

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara anak usia Dini. Jakarta:Diknas

Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. (2012). Format PAUD: Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Arrut Media

Published

2018-02-21

How to Cite

Yunita, N. (2018). Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok A1 Tk Taman Ananda Surabaya. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 104–114. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3610

Issue

Section

Artikel