Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok A Di Ra Al Chusnaniyah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018

Authors

  • Mira Dahlia RA AL Chusnaniyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3606

Abstract

Dampak Metode Proyek terhadap Kemampuan Sosial Siswa Grup A di RA AL Chusnaniyah Surabayain tahun akademik 2017-2018 adalah metode pembelajaran yang bertujuan untuk menerapkan kegiatan pengalaman belajar dengan mengkonfrontasi anak-anak pada masalah sehari-hari yang harus diselesaikan dalam kelompok. Tujuan penulisan untuk persyaratan kelulusan dalam program pendidikan guru, dan sebagai referensi guru PAUD dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik serta mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif karena menguji teori yang berkaitan dengan masalah penelitian melalui kerangka berpikir yang dirumuskan dalam hipotesis penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik eksperimen, dengan melakukan uji beda dua kelas yang berbeda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, ada pengaruh yang lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan sosial anak-anak di RA Al Chusnaniyah Surabaya dengan menggunakan metode proyek dalam pembelajaran di sekolah.

References

Abdullah dan Safarina. 2013. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Ahmad, Khursyid. 1992. Perinsip-perinsip Pendidikan Islam. Surabaya: Penerbit Pustaka Progressif.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Arifin, M.PD, Drs. Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Bahreisy, Salim dan Said Bahreisy. 1987. Tafsir Ibnu Katsir. Surabaya: PT Bina Ilmu Offset

Moeslichatoen, 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa, H.E.Prof.Dr.M.Pd. 2012. Manajemen PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nielsen. Dianne Miller. 2011. Mengolah Kelas untuk Guru TK, Jakarta: Indeks

Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.

Nugraha, Ali & Rachmawati, Yeni. 2007. Metode Perkembangan Sosial emosional (Modul 1-12). Jakarta: Universitas Terbuka.

Roopnarine, Jaipaul L. And James E. Johnson. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini: Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: KENCANA.

Santrock, John. 2007. Perkembangan Anak . Jakarta: Penerbit Erlangga

Shihab, Dr.Quraish. 2000. TAFSIR AL-MISBAH. Jakarta: Penerbit Lentera Hati.

Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jaklarta: Indeks.

Sudjarwo, Prof.Dr. 2015. Proses Sosial dan Interaksi Sosial dalam Pendidikan. Bandung: CV Mandar Maju

Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Jatim: Madani.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunanb Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yus, Dr.Anita, MPd. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Published

2018-02-21

How to Cite

Dahlia, M. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok A Di Ra Al Chusnaniyah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67–74. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3606

Issue

Section

Artikel