Stimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Lagu Kreasi Minangkabau Pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i2.3377Abstract
Abstrak : Perkembangan bahasa sangatlah penting dikembangkan karena bahasa alat penghubung atau komunikasi antara anggota masyarakat yang terdiri dari individu-individu yang menyatakan pikiran, perasaan, dan keiinginannya. Berbahasa berarti menggunakan bahasa berdasarkan pengetahuan individu tentang adat dan sopan santun. Pada tahapan perkembangan bahasa anak usia dini diawali dengan proses mendengar atau menyimak. Dengan mengajak anak bernyanyi lagu minangkabau bersama, kita memberi anak pengalaman yang berharga lagi menyenangkan, yang dilakukan bersama-sama. Adapun perolehan bernyanyi yang diharapkan, adalah agar anak: (1) mendengar dan menikmati lagu; (2) mengalami rasa senang bernyanyi bersama; (3) mengungkapkan pikiran, perasaan, dan suasana hatinya; (4) merasa senang bernyanyi, dan anak dapat belajar bagaimana mengendalikan suara; (5) menambah perbendaharaan kosa-kata melalui lagu.
Kata kunci: Perkembangan Bahasa, Lagu Kreasi Minangkabau, Anak Usia Dini
Abstrak :Language development is very important to be developed because of the language of the interface or communication between members of the community consisting of individuals who express their thoughts, feelings, and desires. Speaking means using language based on individual knowledge about customs and manners. In the early childhood language development stage begins with the process of hearing or listening. By inviting children to sing Minangkabau songs together, we give children a valuable and enjoyable experience, which is done together. As for the expected singing, is for children: (1) to hear and enjoy the song; (2) experience the feeling of singing together; (3) expressing thoughts, feelings, and moods; (4) feel like singing, and children can learn how to control sound; (5) adding vocabulary vocabulary through songs.
Keywords: Language Development, Minangkabau Creation Song, Early Childhood.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
