ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL)
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v11i2.27831Abstract
Pendidikan abad ke-21 menekankan 4 keterampilan salah satunya adalah keterampilan berpikir kritis atau critical thinking. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bagaimana proses penerapan model Project Based Learning (PJBL) dalam pembelajaran di kelas satu sekolah dasar serta mendeskripsikan bagaimana keterampilan berpikir kritis siswa muncul dan berkembang melalui aktivitas PJBL. Pendekatan yang digunakan pada Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun subjek penelitian terdiri dari guru, siswa kelas satu SD Muhammadiyah 18 Surabaya, dengan data yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa nampak dalam 3 indikator yang menjadi fokus penelitian yakni kemampuan mengajukan pertanyaan, memberikan alasan dan membuat keputusan. Namun pada sesi diskusi nampak siswa juga mampu menanggapi pendapat, serta
melakukan evaluasi terhadap hasil karya sesama kelompok . Penerapan PjBL dapat mendorong siswa untuk berani berpendapat dan berkolaborasi. Dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa pada pelaksanaan PjBL diperlukan bimbingan dan peran aktif dari guru, media yang sesuai serta perlu waktu yang lebih banyak dan SDM yang memadai minimal dibimbing dua guru. Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa PJBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas satu SD
References
Amelia, N. and Aisya, N. (2021) ‘Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Dan Penerapannya Pada Anak Usia Dini Di Tkit Al-Farabi’, BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), pp. 181–199. Available at: https://doi.org/10.24952/alathfal.v1i2.3912.
Aulia, N., Sitohang, S. and Thesalonika, E. (2024) ‘Pengaruh Model Pembelajaran PjBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS di SD Negeri 094129 Bah Tobu’, Journal Of Social Science Research, 4(4),pp. 16463–16479.
Azizia, N.E. (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Audiovisual terhdap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Kelas 5 SDN 1 Banjarmasin Tanggamus.
Cahyaningsih, S. and Harun, H. (2023) ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Proyek terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreativitas Anak’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), pp. 5481–5494. Available at:
https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5034.
Fitriya, D. et al. (2022) ‘Analisis Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika Kurikulum 2013’, JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 3(5), pp. 362–366.
Available at: https://doi.org/10.36312/10.36312/vol3iss5pp362-366.
Handayani, A. and Sinaga, S.I. (2022) ‘Penerapan Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini’, PAUD Lectura :Journal of Early Childhood Education, 5(3), pp. 146–155. Available at: https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v.
Kiratna, Hasanah Rindang, D. (2025) ‘Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Amal Kasih Ibu Sewar’, Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 6(2), pp. 94–101.
Matondang, A.R., Nirmalasari, S. and Sebayang, P.W.B. (2024) ‘Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis ANak Usia 5-6 Tahun di RA Bina Anaprasa’, Jurnal Review pendidikan dan Pengajaran, 7(1),
pp. 636–641.
Nasution, abdul fatah (2023) Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan Pe. Edited by M. Albina. Medan: Harfa Creative.
Nufus, H. and Kusaeri, A. (2020) ‘Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri’, Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(2), pp. 49–55.
Nurhayati, Y., Nafiqoh, H. and Atika, A.R. (2025) ‘Project Based Learning: Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini’, CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 8(3), pp. 311–322. Pangestu, A.M.D. (2024) ‘Perkembangan Berpikir Kritis pada Anak Usia Dini (Tinjauan Filsafat Ilmu dalam Pendidikan Awal)’, Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), pp. 1063–1072. Available at: https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.712.
Rahardhian, A. (2022) ‘Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat’, Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), pp. 87–94. Available at: https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092.
Raudya Tuzzahra,Hanifah, S.M. (2019) Model Project Based Learning dan Penerapannya. Pertama. Edited by R.T.H.S. Maizora. Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP univ. Bengkulu.
Wijayanti, thezy meilevia, Hasni, U. and Destrinelli (2023) ‘Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita Sungai Liuk Kecamatan Pesisir Bukit’, INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), pp. 11464–11474. Available at:https://repository.unja.ac.id/50025/.
Zahra, A. et al. (2025) ‘Penerapan Model Project Based Learning dalam Pengabdian Mahasiswa PPL STAIN Madina di TK Model Negeri Panyabungan’, Ambacang: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(3), pp. 352–360.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
