Efektivitas Permainan Kotak Perabaan Terhadap Kemampuan Kognitif Anak
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v5i1.2519Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif permainan kotak perabaan terhadap kemampuan kognitif anak di Taman Kanak-kanak Islam Daud Kholifatulloh Padang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbentuk quasi eksperimen dengan jumlah populasi anak Taman Kanak-kanak Islam Daud Kholifatulloh sebanyak 50 anak. Sampel B2 djadikan kelas eksperimen dan B1 dijadikan kelas kontrol masing-masing berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah tes, data yang di dapat kemudian diolah dengan menggunakan uji-t untuk melihat perbandingan. Dari hasil penelitian yang didapat menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 80,83 dan kelas kontrol adalah 70,83. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan kotak perabaan efektif digunakan dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak. Â
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
