Nilai-Nilai Kakawihan Sunda “Malar Raat Hujan” Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini

Authors

  • Listia Sahla Sabilla a:1:{s:5:"id_ID";s:32:"UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA";}
  • Risna Meiliasari Sulaeman UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  • Nuraly Masum Aprily UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
  • Riva Sutisna UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA

Abstract

Nilai-nilai kakawihan melar raat hujan mengajarkan anak untuk menghargai dan memahami fenomena alam, khususnya hujan, serta mengembangkan sikap positif. Kawih ini tidak hanya berfokus pada aspek hujan, tetapi juga pada makna dan nilai-nilai yang terkait. Pada tahap awal pembelajaran anak usia dini, penting untuk memperkenalkan anak-anak dengan fenomena hujan secara konkret, dengan cara mengamati hujan secara langsung dan mengajak mereka untuk bermain di dalamnya. Melalui pengalaman langsung ini, anak-anak dapat mengembangkan rasa ingin tahu, dan penghormatan terhadap alam. Selain itu, dalam pembelajaran kakawihan melar raat hujan, penting juga untuk mengajarkan anak-anak tentang siklus air dan pentingnya air bagi kehidupan. Anak-anak dapat diajak untuk memahami bagaimana hujan terbentuk, mengapa hujan penting, dan bagaimana hujan berkontribusi pada kehidupan manusia dan ekosistem. Dalam pembelajaran kakawihan melar raat hujan, penting juga untuk mengajarkan sikap tanggung jawab terhadap lingkungan dengan mengajak anak untuk memahami bagaimana perilaku manusia dapat mempengaruhi alam, termasuk mengelola air hujan dan menjaga kebersihan lingkungan saat hujan. Pembelajaran kakawihan melar raat hujan dalam pembelajaran anak usia dini adalah penting untuk membentuk karakter anak-anak yang peduli terhadap alam dan memiliki sikap yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Nilai-nilai ini akan membantu anak-anak menjadi individu yang peduli dengan keberlanjutan alam dan turut serta dalam menjaga kelestariannya.

Published

2025-05-02

How to Cite

Sabilla, L. S., Sulaeman, R. M., Nuraly Masum Aprily, & Riva Sutisna. (2025). Nilai-Nilai Kakawihan Sunda “Malar Raat Hujan” Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/Pedagogi/article/view/21199

Issue

Section

Artikel