Penerapan Metode Karya Wisata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Kelompok A
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i2.1538Abstract
Abstract
Â
This research was conducted on children of group A Raudlatul Athfal Perwanida as many as 25 children in the academic year 2016/2017. This study is a classroom action research (CAR) of 2 cycles and each cycle of two meetings. Instruments used in the form of observation sheets, data taken through the techniques of teaching and learning activities both in terms of implementation planning, implementation, observation and reflection. The learning is done to master the lessons that require the process of thinking, persistent learning and also requires a suitable strategy in order not to have difficulty in reading to improve the ability to read children by using the method of tourism work to measure the ability to read children. The result of this research concludes that the application of tourism work method to improve reading ability in group A in Raudlatul Athfal Perwanida Jombang with presentation of reading comprehension of children increased from 60,7%, in cycle I increased to 71,4%, in cycle II become 85,7 %. Child's reading completeness increased to 89.2%.
Â
Keywords: reading ability, tourism work method.
Â
Abstrak
 Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A Raudlatul Athfal Perwanida sebanyak 25 anak pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, data yang diambil melalui teknik kegiatan proses belajar mengajar baik dari segi keterlaksanaan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun pembelajaran yang dilakukan untuk untuk menguasai pelajaran yang membutuhkan proses berfikir, belajar yang gigih dan juga membutuhkan strategi yang cocok agar tidak mengalami kesulitan dalam membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca anak dengan memakai metode karya wisata untuk mengukur kemampuan membaca anak. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan metode karya wisata untuk meningkatkan kemampuan membaca pada kelompok A di Raudlatul Athfal Perwanida Jombang dengan presentasi ketuntasan membaca anak meningkat dari 60,7%, pada siklus I meningkat menjadi 71,4%, pada siklus II menjadi 85,7%. Ketuntasan membaca anak meningkat menjadi 89,2%.
Â
Kata kunci: kemampuan membaca, metode karya wisata.
References
Yani, Hartati. 2005. Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak
Usia Dini. Jakarta: Mitra Buku
Corner, Beaty. 2000. Pengantar Bahasa. Jakarta: Alex Media
Owens, Rita Kurnia, 2009. Metode Pengembangan Bahasa Anak Usia
Dini. Pekanbaru: Cendikiawan Insani.
Restiyah, N. K. Dra. 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka
Cipta.
Sastromihardjo, Suhardjono. 2004. Metode metode pembelajaran. Jakarta:
Erlangga
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003.PsikologiPerkembangan Anak dan
Remaja. Bandung: PT. Remaja.
Kartono, Kartini 2006. Psikologi Perkembangan Bandung.: Mandar Maju
A. Md, Supriyadi. 2003. Pengantar Pemahaman Bahasa, Jakarta: Yayasan
Obor Indonesi
Elizabeth, B. Hurllock. 2000 Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta:
Erlangga
Santoso, Abu Wardah. 2002. Pengantar Bahasa. Jakarta: Alex Media
Gibbons. 2009. Afasia Gangguan Berbahasa, Jakarta: Fakultas Kedokteran
Universitas Indonesia
Rahim, Fairda. 2003:. Kiat-Kiat Membaca, Jakarta: Teraju
Sudjana, Nana. 2000. Dasar- Dasar Belajar Mengajar, Bandung. PT.Sinar
Baru
Mulyasa 2010 Metode Penelitian Pendidik Pendekatan Kuantitatif
Bandung: Pustaka Belajar
Tarmansyah 2002 Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada
Anak,Bandung: Aksara
Hernowo, Jordan. Ayan. 2003. Kemampuan Membaca dan Menulis,
Malang; Genius Media
Sudjana , Nana 2010. Stategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Refika
Aditama
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktek, Bandung: Rineka Cipta
Djamarah, Syaiful . Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.
Rineka Cipta
Sanapiah, Faisal. 2001. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan,
Jakarta: Bumi Aksara
Hadeli. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta:
Rineka Cipta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
