Penerapan Metode Karya Wisata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Kelompok A

Authors

  • Roisah Roisah Uiniversitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i2.1538

Abstract

Abstract

 

This research was conducted on children of group A Raudlatul Athfal Perwanida as many as 25 children in the academic year 2016/2017. This study is a classroom action research (CAR) of 2 cycles and each cycle of two meetings. Instruments used in the form of observation sheets, data taken through the techniques of teaching and learning activities both in terms of implementation planning, implementation, observation and reflection. The learning is done to master the lessons that require the process of thinking, persistent learning and also requires a suitable strategy in order not to have difficulty in reading to improve the ability to read children by using the method of tourism work to measure the ability to read children. The result of this research concludes that the application of tourism work method to improve reading ability in group A in Raudlatul Athfal Perwanida Jombang with presentation of reading comprehension of children increased from 60,7%, in cycle I increased to 71,4%, in cycle II become 85,7 %. Child's reading completeness increased to 89.2%.

 

Keywords: reading ability, tourism work method.

 

Abstrak

 Penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A Raudlatul Athfal Perwanida sebanyak 25 anak pada tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak 2 siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi, data yang diambil melalui teknik kegiatan proses belajar mengajar baik dari segi keterlaksanaan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun pembelajaran yang dilakukan untuk untuk menguasai pelajaran yang membutuhkan proses berfikir, belajar yang gigih dan juga membutuhkan strategi yang cocok agar tidak mengalami kesulitan dalam membaca untuk meningkatkan kemampuan membaca anak dengan memakai metode karya wisata untuk mengukur kemampuan membaca anak. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa penerapan metode karya wisata untuk meningkatkan kemampuan membaca pada kelompok A di Raudlatul Athfal Perwanida Jombang dengan presentasi ketuntasan membaca anak meningkat dari 60,7%, pada siklus I meningkat menjadi 71,4%, pada siklus II menjadi 85,7%. Ketuntasan membaca anak meningkat menjadi 89,2%.

 

Kata kunci: kemampuan membaca, metode karya wisata.

References

Yani, Hartati. 2005. Perkembangan Konsep Dasar Pengembangan Anak

Usia Dini. Jakarta: Mitra Buku

Corner, Beaty. 2000. Pengantar Bahasa. Jakarta: Alex Media

Owens, Rita Kurnia, 2009. Metode Pengembangan Bahasa Anak Usia

Dini. Pekanbaru: Cendikiawan Insani.

Restiyah, N. K. Dra. 2001. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka

Cipta.

Sastromihardjo, Suhardjono. 2004. Metode metode pembelajaran. Jakarta:

Erlangga

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003.PsikologiPerkembangan Anak dan

Remaja. Bandung: PT. Remaja.

Kartono, Kartini 2006. Psikologi Perkembangan Bandung.: Mandar Maju

A. Md, Supriyadi. 2003. Pengantar Pemahaman Bahasa, Jakarta: Yayasan

Obor Indonesi

Elizabeth, B. Hurllock. 2000 Psikologi Perkembangan Anak, Jakarta:

Erlangga

Santoso, Abu Wardah. 2002. Pengantar Bahasa. Jakarta: Alex Media

Gibbons. 2009. Afasia Gangguan Berbahasa, Jakarta: Fakultas Kedokteran

Universitas Indonesia

Rahim, Fairda. 2003:. Kiat-Kiat Membaca, Jakarta: Teraju

Sudjana, Nana. 2000. Dasar- Dasar Belajar Mengajar, Bandung. PT.Sinar

Baru

Mulyasa 2010 Metode Penelitian Pendidik Pendekatan Kuantitatif

Bandung: Pustaka Belajar

Tarmansyah 2002 Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Pada

Anak,Bandung: Aksara

Hernowo, Jordan. Ayan. 2003. Kemampuan Membaca dan Menulis,

Malang; Genius Media

Sudjana , Nana 2010. Stategi Belajar Mengajar, Bandung: PT. Refika

Aditama

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan

Praktek, Bandung: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful . Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.

Rineka Cipta

Sanapiah, Faisal. 2001. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan,

Jakarta: Bumi Aksara

Hadeli. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta:

Rineka Cipta

Published

2018-05-05

How to Cite

Roisah, R. (2018). Penerapan Metode Karya Wisata Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Kelompok A. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i2.1538

Issue

Section

Artikel