Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar dalam Menyelesaikan Tugas Daring di TK Al Fadholi Malang

Authors

  • Muhimmatun Nisa Universitas Negeri Malang

Abstract

Kemandirian belajar merupakan aspek penting yang harus dimiliki anak dalam belajar. Perubahan pembelajaran menjadi daring selama pandemi covid-19 dapat berdampak pada kemandirian belajar anak dalam menyelesaikan tugas yang dapat berbanding terbalik dengan biasanya ketika melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar dalam menyelesaikan tugas daring di TK Al Fadholi Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar anak dalam menyelesaikan tugas selama pembelajaran daring melalui zoom di TK Al Fadholi Malang memiliki dampak positif dalam artian kemandirian belajar dalam menyelesaikan tugas sudah muncul dibuktikan dengan 1). Aktif menyalakan kamera, tidak meninggalkan pembelajaran, dan memperhatikan ketika guru menyampaikan materi, 2). Memahami materi dengan menjawab pertanyaan secara mandiri, 3). Menyelesaikan tugas tepat pada saat pembelajaran, 4). Mengerjakan tugas dengan mandiri.

Published

2025-05-08

How to Cite

Nisa, M. (2025). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar dalam Menyelesaikan Tugas Daring di TK Al Fadholi Malang. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/Pedagogi/article/view/14647

Issue

Section

Artikel