PENERAPAN DISIPLIN SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ANAK USIA DINI

Authors

  • Anisa Yunita anisa.yunita@narotama.ac.id
  • Fitri Rofiyarti Universitas Narotama

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3c.1077

Abstract

Pendidikan  karakter  disiplin  perlu  ditanamkan  semenjak  dini,  anggapan  bahwa  anak  usia  dini belum perlu diperkenalkan disiplin karena masih terlalu muda adalah anggapan yang tidak tepat. Karena  karakter  merupakan  sikap  atau  watak  yang  akan  terus  melekat  pada  anak  sampai  anak dewasa.  Manusia  merupakan  makhluk  monodualis,   yaitu    manusia  sebagai  makhluk  individu sekaligus  sebagai  makhluk  sosial.  Menerapkan  disiplin  kepada  anak   bertujuan  agar anak dapat berperan  sebagai  makhluk  sosial  karena  akan  bersinggungan  antara  kehidupan  individual  anak dengan   kehidupan   sosial   bermasyarakat,   sehingga   anak   harus   terampil   dan   terlatih   untuk berdisiplin  agar  dapat  menyesuaikan  kehidupan  dalam  bermasyarakat.  Anak  dapat  membentuk perilaku   sesuai dengan peran-peran yang ditetapkan kelompok budaya, tempat individu itu diidentifikasikan.  Karena  tidak  ada  pola  budaya  tunggal,  pergesekan  dengan  lingkungan  sosial tidak dapat dihindari,  agar anak dapat masuk dalam lingkungan  sosial maka diperlukan  karakter yang dapat diterima oleh lingkungan sosial.

 

Kata Kunci:anak usia din, disiplin, pendidikan karakter

Author Biographies

Anisa Yunita, anisa.yunita@narotama.ac.id

Universitas Narotama

Fitri Rofiyarti, Universitas Narotama

Universitas Narotama

References

Brewer, Jo Ann.2007. Introduction To Early Childhood Education:Preschool

Throught Primary Grades.

USA:Pearson education.Inc

Covey, Stephen R. (Aih bahasa: Budijanto). 1997. Tujuh Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif. Jakarta: Bina Rupa Aksara

Dweck, Carol.2006. Mindset: The New

psychology of success

Ekowarni, E. 2005. Peranan Stimulasi Psikologis Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Buleti PADU, Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Edisi Khusus

Jakarta: Direktoral

PAUD

Euis, Sunarti. 2004. Mengasuh Anak Dengan Hati. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Hetherington, E.M & Parke, R.D.

(1999). Child Psychology (5th Edition). USA: Mcgraw-Hill Collage.

Hurlock, E.1991. Psikologi Perkembangan Anak . Jilid 1 (Terjemahan ). Jakarta: Penerbit Erlangga

Hurlock. 1978. Perkembangan Anak, (Alih Bahasa Oleh Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga

Jamaris, Martini. 2005. Perkembangan

dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo

Mini, Rose.2011. Disiplin Pada Anak.

Jakarta:Kemendiknas

Morrison, George, S. 2012. Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Pt Indeks

Nurwanti, Sri. 2011. Pendidikan

Karakter. Yogyakarta: Familia(Grup Relasi Inti Media)

Papalia, Diane E., Dkk. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta:Kencana

Prastiti, Wiwien Dinar. 2007. Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta:Pt Indeks

Shapiro, Laurance S. 1999. Mengejeja Emosional Intelegensi Pada Anak. Jakarta: Gramedia

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Pt Indeks

Wibowo, Timoty. 2010. 6 Cara Mendisiplinkan Anak. (ebook online)

Wiyani, Novan Ardy. 2014.

Mengelolah Dan

Mengembangkan Kecerdasan

Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media

Published

2017-12-28

How to Cite

Yunita, A., & Rofiyarti, F. (2017). PENERAPAN DISIPLIN SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ANAK USIA DINI. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(3c). https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3c.1077

Issue

Section

Artikel