PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENGENALAN KONSEP PENGUKURAN PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3c.1076Abstract
Salah satu pengenalan dalam matematika permulaan adalah pengenalan konsep pengukuran. Pengenalan konsep pengukuran dilakukan menggunakan alat ukur baku dan tidak baku, serta evaluasi yang dilakukan oleh pendidik dalam mengenalkan konsep pengukuran dengan alat ukur baku dan tidak baku. Problem Based Learning mengenalkan anak konsep pengukuran dari suatu permasalahan yang ada. Dari suatu permasalahan yang disediakan oleh pendidik anak mampu memperoleh pengetahuan dan menarik kesimpulan tentang konsep pengukuran. Problem based learning  mengenalkan pada anak tentang perbedaan ukuran, mengklasifikasikan benda berdasarkan ukuran dan jumlah, dan mengurutkan beda dari yang kecil ke besar dan sebaliknya. Anak juga mampu menggunakan alat ukur baku berupa pengaris, neraca/timbangan, termometer, dan tidak baku berupa jengkal, langkah, depa, sendok, mangkuk, dan balok.
Kata Kunci: Problem based learning, Konsep Pengukuran, Anak Usia Dini
References
Brewer, Jo Ann. 2007. Early Childhood Education. USA: Perason
Eggen, Paul & Kauchak, Don. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT indeks
Lestari, KW. 2011. Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. Seri Bacaan Orang Tua, (Tidak Diterbitkan). Direktorat Pembina Pendidikan Anak Usia Dini, Kementrian Pendidikan Nasional.
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini
Permendikbud Nomor 146 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Seefeldt, C dan Wasik,B.A. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat, Dan Lima Tahun Masuk Sekolah. (Alih bahasa: Pius Nasar). Jakarta: PT Indeks.
Smith, Susan Sperry. 2009. Early Childhood Mathematics. USA: Pearson
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Russ Media
Susanto, Achmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Walle, J.A.V.D. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. (Alih bahasa: Dr. Suyono, M. Si.). Jakarta: PT Erlangga.
Yudha M. Saputra dan Rudyanto. (2005). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
