PROGRAM BIMBINGAN MENGGUNAKAN MEDIA MUSIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA ANAK TAMAN KANAK-KANAK KELOMPOK A SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3a.1029Abstract
Pemahaman konsep bilangan merupakan sesuatu yang sangat penting khususnya bagi anak usia dini. Hal ini dikarenakan bilangan selalu digunakan sepanjang proses kehidupan. Selain itu memahami bilangan merupakan langkah awal dari pelajaran matematika, tanpa pemahaman akan bilangan, maka anak akan mengalami kesulitan dalam tahapan pembelajaran selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan mengenal bilangan siswa kelompok A melalui program bimbingan menggunakan media musik. Dengan menggunakan metode penelitian quasi experimental design  (eksperimen semu). Penggunaan metode ini dilakukan agar dapat mencapai tujuan penelitian. Desain quasi eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalen pretest-posttest control group design yang dilakukan dalam uji lapangan program bimbingan menggunakan media musik dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak TK Kelompok A. Hasil penelitian ini dianalisa dengan rumus Uji T yang dilakukan menggunakan bantuan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh dengan sig (0,000) < 0,05 yang berarti ada perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dalam mengenal lambang bilangan dengan menggunakan musik. Maka dapat disimpulkan bahwa program bimbingan dengan menggunakan media musik yang telah disusun dapat dikatakan memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak kelompok A.
Â
Kata Kunci: anak usia dini; bilangan; musik; eksperimenReferences
Agung. 2010. Metodologi Pendidikan, Suatu Pengantar. FIP Undiksaha. Singaraja
Apriliani. 2013. Penerapan Model Number Head Together dengan Media Dadu Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja.
Azhar. 2011. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafiondopersada. Jakarta
Copley. 2000. The Young Child and Matematics. Boston: Journal
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2009, tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Pujianti. 2003. Bahan Ajar Matematika SD. Penggunaan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika SD. Direktorat Tenaga Kependidikan. Jakarta.
Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
http://tataitusinta.blogspot.com/2012/06/pemanfaatan-musik-sebagai-media.html
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
