Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Aspek Komunikasi Pada Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Penulis

  • Alma Nur Kharisma Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Indra Zultiar Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Alfian Ashshidiqi Poppyariyana Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.9353

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran umum tingkat kompetensi pedagogik guru dalam aspek komunikasi pada anak usia dini dalam pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian survey serta teknik pengumpulan data berupa pengisian angket melalui google form menggunakan skala likert dengan 4 alternatif jawaban yang terdiri dari 17 pertanyaan berkaitan dengan indikator komunikasi guru selama pembelajaran. Sampel pada penelitian ini sebanyak 80 orang guru Taman Kanak-kanak (TK) di Kabupaten Sukabumi, pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru TK di kabupaten Sukabumi memiliki kompetensi pedagogik guru dalam aspek komunikasi pada anak usia dini tergolong kategori baik berdasarkan tiga indikator yang dinilai yaitu indikator efektif, empatik, dan santun karena menunjukkan hasil persentase sebesar 67% berdasarkan rata-rata persentase komunikasi efektif (60%), empatik (59%), dan santun (53%).

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-06

Cara Mengutip

Kharisma, A. N., Zultiar, I., & Poppyariyana, A. A. (2022). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Aspek Komunikasi Pada Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Jarak Jauh. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 72–82. https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.9353

Terbitan

Bagian

Artikel