Strategi Pengelolaan Kelas di Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini Kelompok B Secara Tatap Muka di TK Amanda Sejahtera
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v8i1.8468Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi pengelolaan kelas di masa pandemi pada anak usia dini melibatkan siswa dan guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menggali data mengenai strategi pengelolaan kelas di masa pandemi. Adanya wabah virus corona ini menghambat kegiatan belajar mengajar yang biasanya berlangsung secara tatap muka yang juga dialami dunia pendidikan utamanya terjadi pada pengajaran PAUD. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara terhadap guru PAUD melalui komunikasi secara langsung dengan Teknik wawancara terarah dan berbasis pada teori penelitian sebelumnya. Tujuan dilakukan wawancara adalah guna mendapatkan informasi yang penting yang dibutuhkan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pengelolaan kelas di masa pandemi ini untuk siswa TK Amanda Sejahtera mengatasi pembelajaran agar tidak melalui daring, sehingga siswa tidak merasa jenuh dan tidak menggunakan alat komunikasi maka pihak sekolah juga membuat kebijakan untuk meminimalisir kerumunan banyak orang. Pada pembelajaran tatap muka disekolah atau dikelas, pihak sekolah membuat peraturan baru untuk dibuatkan secara bergelombang.
Referensi
Alifia, Savira, Annisa, dkk. “Pengelolaan Kelas Secara Daring di Masa Pandemi pada Murid Kelompok Bermain atau PAUDâ€. Universitas Airlangga. Surabaya. 2020
Nurina, dkk. “Pengelolaan Kelas Secara Daring di Masa Pandemi Pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Harun Al-Rasyidâ€. Universitas Muhammadiyah Kendari.
Susilo, Adi, Sugeng. “Classroom Managementâ€. (Malang: Universitas Brawijaya Press). Cet, I. 2016
Widiasworo, Erwin. “Cerdas Pengelolaan Kelasâ€. (Yogyakarta: DIVA Press). Cet. I. 2018
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
