Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Kelompok A1 Tk Taman Ananda Surabaya

Isi Artikel Utama

Norma Yunita

Abstrak

Keterampilan berbicara pada anak usia 4-5 tahun, pada umumnya anak akan mampu menjawab pertanyaan sederhana, menceritakan kembali isi cerita dan aktif bertanya. Hasil pengamatan pada anak kelompok A1 TK Taman Ananda Surabaya, ditemukan bahwa keterampilan berbicara pada anak kelompok A1 masih kurang dalam hal anak belum bisa menceritakan kembali isi cerita, anak masih belum bisa menjawab pertanyaan sederhana dan anak kurang aktif bertanya. Salah satu cara agar keterampilan berbicara anak meningkat adalah menggunakan metode story telling. Melalui metode story telling, anak mampu lebih aktif dalam bertanya, anak mampu menjawab pertanyaan dari guru dan anak mampu menceritakan kembali isi cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode story telling terhadap keterampilan berbicara pada anak kelompok A1 TK Taman Ananda Surabaya
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subyek dari penelitian ini berjumlah 19 anak yang terdiri dari 10 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon matched pairs test. Hasil penelitian uji wilcoxon matched pairs test menunjukkan bahwa nilai THitung= 0 dan nilai signifikasi yang dipakai adalah 5% dan N= 19 maka diperoleh TTabel= 46 karena THitung< TTabel (0<46) maka Ha diterima, sehingga metode story telling berpengaruh terhadap keterampilan berbicara pada anak kelompok A1 TK Taman Ananda Surabaya

Rincian Artikel

Referensi

  1. Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
  2. Bachri, S Bachtiar. (2005). Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak-Kanak, Teknik dan Prosedurnya. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  3. Dhieni, Nurbiana dkk. (2009). Materi Pokok Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
  4. Dhieni, Nurbiana dkk. (2012). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
  5. Fadillah Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD Tinjauan Teoritik&Praktik. Jogjakarta: Ar-ruzz Media
  6. Gunarti, dkk. (1996). Pedoman Perencanaan dan Evaluasi Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta:PGTK Darul Qolam
  7. Hasan, Maimunah. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press
  8. Hurlock, E. (1978). Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga
  9. Idris, H Meity. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Anak Melalui Dongeng. Jakarta: PT Luxima Metro Media
  10. Iskandarwassid & Dadang Sunendar. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
  11. Kundharu Saddhono & Slamet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati
  12. Madyawati. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana
  13. Majid, Abdul Aziz Abdul. (2005). Mendidik Anak Lewat Cerita. Jakarta: Mustaqiim
  14. Maidar G. Arsjad & Mukti. (1993). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  15. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
  16. Moeslichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Rhineka Cipta
  17. Muammar. (2008). Pembelajaran Berbicara yang Terabaikan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Jurnal Bahasa & Sastra dalam Berbagai Perspektif (Nomor 27 Tahun 2008) Hlm. 315-322.
  18. Mudini Salamat Purba. (2009). Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bahasa Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional
  19. Musfiroh, Tadkiroatun. (2005). Bercerita Untuk Anak Usia Dini, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
  20. Rahayu, Aprianti. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita Anak Usia TK. Jakarta: PT Indeks
  21. Rahman,Hibana. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT.Alex Media
  22. Santosa, Puji dkk. (2006). Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Universitas Terbuka
  23. Sudarna. (2014). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Berkarakter. Jakarta: Genius Publisher
  24. Sugiyono, (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
  25. Suhartono. (2005). Pengembangan Keterampilan Bicara anak usia Dini. Jakarta:Diknas
  26. Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara sebagi Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
  27. Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. (2012). Format PAUD: Konsep, Karakteristik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Arrut Media