Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok A Di Ra Al Chusnaniyah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3606Abstrak
Dampak Metode Proyek terhadap Kemampuan Sosial Siswa Grup A di RA AL Chusnaniyah Surabayain tahun akademik 2017-2018 adalah metode pembelajaran yang bertujuan untuk menerapkan kegiatan pengalaman belajar dengan mengkonfrontasi anak-anak pada masalah sehari-hari yang harus diselesaikan dalam kelompok. Tujuan penulisan untuk persyaratan kelulusan dalam program pendidikan guru, dan sebagai referensi guru PAUD dalam merancang kegiatan pembelajaran yang menarik serta mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif karena menguji teori yang berkaitan dengan masalah penelitian melalui kerangka berpikir yang dirumuskan dalam hipotesis penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik eksperimen, dengan melakukan uji beda dua kelas yang berbeda. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, ada pengaruh yang lebih efektif untuk mengembangkan kemampuan sosial anak-anak di RA Al Chusnaniyah Surabaya dengan menggunakan metode proyek dalam pembelajaran di sekolah.Referensi
Abdullah dan Safarina. 2013. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Ahmad, Khursyid. 1992. Perinsip-perinsip Pendidikan Islam. Surabaya: Penerbit Pustaka Progressif.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Metode Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Arifin, M.PD, Drs. Zainal. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Bahreisy, Salim dan Said Bahreisy. 1987. Tafsir Ibnu Katsir. Surabaya: PT Bina Ilmu Offset
Moeslichatoen, 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mulyasa, H.E.Prof.Dr.M.Pd. 2012. Manajemen PAUD, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nielsen. Dianne Miller. 2011. Mengolah Kelas untuk Guru TK, Jakarta: Indeks
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nugraha, Ali & Rachmawati, Yeni. 2007. Metode Perkembangan Sosial emosional (Modul 1-12). Jakarta: Universitas Terbuka.
Roopnarine, Jaipaul L. And James E. Johnson. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini: Dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: KENCANA.
Santrock, John. 2007. Perkembangan Anak . Jakarta: Penerbit Erlangga
Shihab, Dr.Quraish. 2000. TAFSIR AL-MISBAH. Jakarta: Penerbit Lentera Hati.
Sujiono, Yuliani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jaklarta: Indeks.
Sudjarwo, Prof.Dr. 2015. Proses Sosial dan Interaksi Sosial dalam Pendidikan. Bandung: CV Mandar Maju
Thoifah, I’anatut. 2015. Statistika Pendidikan dan Metode Penelitian Kuantitatif. Jatim: Madani.
Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunanb Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Yus, Dr.Anita, MPd. 2011. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
