PEMBENTUKAN KARAKTER SIAGA BENCANA SEBAGAI PERWUJUDAN HAM MELALUI PKN

Isi Artikel Utama

Badruli martati
Misrin Hariyadi
Nur Mukarrohmah

Abstrak

PEMBENTUKAN KARAKTER SIAGA BENCANA SEBAGAI PERWUJUDAN HAM MELALUI PKN

 

Badruli Martati, Misrin Hariyadi, Nur Mukarrohmah *)

Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jl. Sutorejo No. 59, Surabaya

e-mail: badrulimartati@gmail.com, gukrin@gmail.com,

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis standar kompetensi & kompetensi dasar dalam PKn, serta menghasilkan perangkat pembelajaran PKn berbasis karakter siaga bencana bagi mahasiswa dalam rangka pendidikan demokrasi. Pengembangan dengan 4-D model: define, design, develop, disseminate. Prosedur pengembangan melalui tiga tahap, pertama rancangan survai dan forum diskusi; kedua rancangan penelitian kaji-tindak kolaboratif; ketiga kaji- tindak kolaboratis dan kuasi eksperimen. Pengumpulan dan analisis data: survey, diskusi kelompok terfokus, dan kuasi-eksperimen. Diperoleh hasil yang baik dari perangkat pembelajaran PKn berbasis karakter siaga bencana. Respon mahasiwa terhadap pembelajaran senang, aktifitas mahasiswa baik dari tes yang diberikan menunjukkan ketuntasan hasil belajar.

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran, PKn, karakter, siaga bencana, model.

 

Abstract: This research is to identify and analyze standards of competence and basic competences in learning Civics, Civics and produce character-based learning tools disaster preparedness education for students in order to democracy. Development with 4D models that define, design, develop, disseminate. The procedure development through three stages, the first draft surveys and discussion forums, the second is kaji-tindak of collaborative research, third is kaji-tindak of collaborative and quasi-experimental. Data collection and analysis of data used surveys, focus groups, and quasi-experiments. Delighted student response to learning, both the student activity of a given test showed mastery of learning outcomes.

 

Keywords: learning device, Civics, character, disaster preparedness, models.

Rincian Artikel

Referensi

  1. ----“ Grand Design Pendidikan Karakter. 2010. Draft-Revisi 25 Februari 2010
  2. ---jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 19, Nomor 1, Juni 2013 ISSN 0215-9643
  3. Setiawati, Agus, Farida. Iksan Wasesa. Aswarni Sudjud. 2007. “ Modul 1 EMPATIâ€. Yogyakarta: Pusat Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Budimansyah, Dasim dan Syaifullah Syam (Ed). 2006. Pendidikan Nilai Moral Dalam Dimensi Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) FPIPS-UPI
  5. Ibrohim, “Rambu-Rambu Penyusunan Perangkat Pembelajaran Dalam Kegiatan Lesson Studyâ€, makalah pada workshop bagi Dosen FKIP UM Surabaya, 25 Januari 2012
  6. Kemendiknas, (2010), Grand Design Pendidikan Karakter.
  7. Kusmin , Aplikasi Penddikan Karakter Di Kelas, Jurnal Literasi Vol.3 No. 03 November 2011
  8. Mahsun, Badruli Martati, Misrin Hariyadi (2006), “ Penanaman Nilai-Nilai Demokrasi Pada Anak Melalui Pemberdayaan Peran Perempuan Di Keluargaâ€. DP3M Dikti Depdiknas. Dipublikasikan dalam jurnal ISSN : 1412-5889 Nama jurnal : Didaktis.Vol. 7 No: 2 Juni 2008, hal 1 – 65.
  9. Martati, Badruli, dkk (2005), “Pemahaman nilai – nilai Demokrasi Melalui Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar†Dipublikasikan Depertemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikti Direktorat Ketenagaan dalam Sari Penelitian Pembelajaran Hibah PTK dan PPKP Tahun 2005, Tahun 2006 hal. 53
  10. Martati, Badruli, Ali Nuke, Warsono, Ketut Prasetya. (2008), Penanaman Nilai-nilai Demokrasi pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemberdayaan Sampah Sebagai Media Pembelajaran Menuju Tatanan Masyarakat yang Demokratis, Laporan Akhir Hibah Pekerti: Dibiayai oleh Dirjen Dikti Depdiknas dengan Surat Perjanjian Pelaksanan Hibah Penelitian TA 2008 No: 251/SP2H/PP/DP2M/III/2008 tanggal 5 Maret 2008
  11. Martati, Badruli, (2010). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan: Strategi Penanaman Nilai, Jilid I. Bandung: Genesindo
  12. Martati, Badruli; ( 2011), Implementasi Pendidikan Nilai dan Karakter Melalui Pendidikan Kewarganegaraan dalam Membentuk Manusia Indonesia yang Bertaqwa Prosseding Full Paper Seminar Nasional, ISSN: 2087-8672 Hal. 181
  13. Martati, Badruli, Idris, Misrin;(2012) Instilling Natural Disaster Preparedness Through CTL, Proceedings of The 2011 International Seminar On Character Education, ISSN:2089-3450, Page.35.www.fkip_um Surabaya.co.id
  14. -------, PLPG Kuota 2012, Guru Sekolah Dasar. Rayon 142 UNIPA Surabaya
  15. Nasution, Bahder Johan.,2012. Negara Hukum dan Hak Asasi Manusia. Bandung: CV. Mandar Maju
  16. Yusuf, Muhammad; “Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Media Pembentukan Karakter, Majalah Pendidikan Gerbang 2 Thn VI-2006.
  17. Undang-Undang No 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana
  18. Winataputra,Udin.S. dan Dasim Budimansyah. (2007). Civic Education: Konteks, Landasan, Bahan Ajar, dan Kultur Kelas. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
  19. Winarno.(2013). Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan: Panduan Kuliah Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Sinar Grafika