NILAI PENDIDIKAN ANAK PADA CERITA RAKYAT “TEGASU MALEI” MASYARAKAT BUTON PROVINSI SULAWESI TENGGARA

Authors

  • Marwah Marwah Universitas Muhammadiyah Buton

Abstract

ABSTRAK

Tujuan peneltian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai pendidikan cerita rakyat Tegasu Malei masyarakat Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya nilai pendidikan dalam cerita rakyat Tegasu Malei masyarakat Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara diantaranya: (a). Nilai moral yang terdiri dari nilai kepatuhan, nilai jujur, nilai rendah hati, nilai durhaka, nilai buruk sangka, nilai keegoisan, nilai mencuri (b). Nilai religious terdiri dari nilai berdo’a dan nilai tawakal (c). Nilai sosial terdiri dari nilai keadailan, nilai kasih sayang, nilai saling menolong, nilai pengabdian, dan nilai kepedulian. serta (d). Nilai kepahlawanan yang terdiri dari nilai rela berkorban, nilai pantang menyerah, nilai menepati janji dan nilai setia kawan.

Kata Kunci: Nilai pendidikan, Cerita rakyat Tegasu Malei.

References

Ena, Amiruddin. 2013. Cerita Rakyat Tegasu Malei; Majalah Pabitara, Edisi XVI. Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara: Kendari

Juwati. 2018. Sastra Lisan Bumi Silampari: Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish

Koentjayaningrat. 1984. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Gramedia

Nurgiantoro, Burhan. 2019. Penelitian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Ruslan. 2011. Analisis Nilai Sosiologi Dalam Cerita Rakyat Tanjung Pamali Kecamatan Wabula, Kabupaten Buton; Skripsi. Baubau: UM Buton

Salwiah. 2015. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Cerita Rakyat Pangeran Telur Karya Sandra Safitri; Tesis. Surabaya: Unitomo

Suseno, Franz Magnis. 2000. Dua Belas Tokoh Etika Abad 20. Yogyakarta: Kanisius

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Kuantitif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Published

2025-05-08

How to Cite

Marwah, M. (2025). NILAI PENDIDIKAN ANAK PADA CERITA RAKYAT “TEGASU MALEI” MASYARAKAT BUTON PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 10(01). Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/Pedagogi/article/view/18897

Issue

Section

Artikel