Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar dalam Menyelesaikan Tugas Daring di TK Al Fadholi Malang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kemandirian belajar merupakan aspek penting yang harus dimiliki anak dalam belajar. Perubahan pembelajaran menjadi daring selama pandemi covid-19 dapat berdampak pada kemandirian belajar anak dalam menyelesaikan tugas yang dapat berbanding terbalik dengan biasanya ketika melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar dalam menyelesaikan tugas daring di TK Al Fadholi Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar anak dalam menyelesaikan tugas selama pembelajaran daring melalui zoom di TK Al Fadholi Malang memiliki dampak positif dalam artian kemandirian belajar dalam menyelesaikan tugas sudah muncul dibuktikan dengan 1). Aktif menyalakan kamera, tidak meninggalkan pembelajaran, dan memperhatikan ketika guru menyampaikan materi, 2). Memahami materi dengan menjawab pertanyaan secara mandiri, 3). Menyelesaikan tugas tepat pada saat pembelajaran, 4). Mengerjakan tugas dengan mandiri.