PENERAPAN DISIPLIN SEBAGAI BENTUK PEMBINAAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.30651/pedagogi.v3i3c.1077Abstrak
Pendidikan  karakter  disiplin  perlu  ditanamkan  semenjak  dini,  anggapan  bahwa  anak  usia  dini belum perlu diperkenalkan disiplin karena masih terlalu muda adalah anggapan yang tidak tepat. Karena  karakter  merupakan  sikap  atau  watak  yang akan  terus  melekat  pada  anak  sampai  anak dewasa.  Manusia  merupakan  makhluk  monodualis,  yaitu   manusia  sebagai  makhluk  individu sekaligus  sebagai  makhluk  sosial.  Menerapkan  disiplin  kepada  anak  bertujuan  agar anak dapat berperan  sebagai  makhluk  sosial  karena  akan  bersinggungan  antara  kehidupan  individual  anak dengan  kehidupan  sosial  bermasyarakat,  sehingga  anak  harus  terampil  dan  terlatih  untuk berdisiplin  agar  dapat  menyesuaikan  kehidupan  dalam  bermasyarakat.  Anak  dapat  membentuk perilaku  sesuai dengan peran-peran yang ditetapkan kelompok budaya, tempat individu itu diidentifikasikan.  Karena  tidak  ada  pola  budaya  tunggal,  pergesekan  dengan  lingkungan  sosial tidak dapat dihindari,  agar anak dapat masuk dalam lingkungan  sosial maka diperlukan  karakter yang dapat diterima oleh lingkungan sosial.
Â
Kata Kunci:anak usia din, disiplin, pendidikan karakter
Referensi
Brewer, Jo Ann.2007. Introduction To Early Childhood Education:Preschool
Throught Primary Grades.
USA:Pearson education.Inc
Covey, Stephen R. (Aih bahasa: Budijanto). 1997. Tujuh Kebiasaan Manusia Yang Sangat Efektif. Jakarta: Bina Rupa Aksara
Dweck, Carol.2006. Mindset: The New
psychology of success
Ekowarni, E. 2005. Peranan Stimulasi Psikologis Dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Buleti PADU, Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Edisi Khusus
Jakarta: Direktoral
PAUD
Euis, Sunarti. 2004. Mengasuh Anak Dengan Hati. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Hetherington, E.M & Parke, R.D.
(1999). Child Psychology (5th Edition). USA: Mcgraw-Hill Collage.
Hurlock, E.1991. Psikologi Perkembangan Anak . Jilid 1 (Terjemahan ). Jakarta: Penerbit Erlangga
Hurlock. 1978. Perkembangan Anak, (Alih Bahasa Oleh Meitasari Tjandrasa). Jakarta: Penerbit Erlangga
Jamaris, Martini. 2005. Perkembangan
dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Grasindo
Mini, Rose.2011. Disiplin Pada Anak.
Jakarta:Kemendiknas
Morrison, George, S. 2012. Dasar- Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Pt Indeks
Nurwanti, Sri. 2011. Pendidikan
Karakter. Yogyakarta: Familia(Grup Relasi Inti Media)
Papalia, Diane E., Dkk. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta:Kencana
Prastiti, Wiwien Dinar. 2007. Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta:Pt Indeks
Shapiro, Laurance S. 1999. Mengejeja Emosional Intelegensi Pada Anak. Jakarta: Gramedia
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:Pt Indeks
Wibowo, Timoty. 2010. 6 Cara Mendisiplinkan Anak. (ebook online)
Wiyani, Novan Ardy. 2014.
Mengelolah Dan
Mengembangkan Kecerdasan
Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
1. HAK CIPTA
Hak cipta atas setiap karya yang diterbitkan dalam Jurnal Pedagogi adalah milik penulis.
2. LISENSI
Setiap karya dalam Jurnal Pedagogi dillisensikan dengan Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
