Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Search, Solve, Creat And Share (SSCS) Pada Pembelajaran Biologi Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pb:jppb.v9i2.13603Kata Kunci:
Pembelajaran biologi, Pembelajaran berbasis SSCS, Keterampilan berpikir kreatifAbstrak
Proses pembelajaran pada abad ke-21 memerlukan keterampilan berpikir kreatif siswa. Pada proses pembelajaran perlu adanya perangkat pembelajaran dengan model yang tepat dan dapat melatih keterampilan berpikir kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas Perangkat Pembelajaran Model Search, Solve, Create and Share (SSCS) Pada Pembelajaran Biologi untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang meggunakan metode Reasearch and Development (R&D). Teknik pengumpulan data mengunakan validasi untuk mengukur validitas perangkat pembelajaran meliputi Silabus, RPP, LKPD, dan Lembar Tes yang diukur oleh 3 validator yang ahli dalam bidangnya. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan perangkat pembelajaran model Search, Solve, Create and Share (SSCS) Pada Pembelajaran Biologi untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa, menunjukkan bahwa hasil validasi perangkat pembelajaran (Silabus, RPP, LKPD, Lembar tes) mendapatkan skor akhir 85,01% - 100.00% yang berarti seluruhnya berada pada kategori “Sangat Validâ€. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran model Search, Solve, Create and Share pada pembelajaran biologi untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa materi Perubahan lingkungan, Limbah dan Daur ulang kelas X SMA layak digunakan.
Referensi
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Rosda. Universitas Negeri Malang
Amnur. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan pada Materi Perubahan Lingkungan di Kelas X MAN Pinrang. Makasar : Universitas Islam Negeri Alauddin
Aurilia Hakim, T., Marianti, A., & Widiyaningrum, P. (2020). Development of SSCS Based Material of Biological Diversity to Improve Critical Thinking Ability. Jise, 9(2), 220–226. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise
Budi, E. (2014). Share Dan Predict Observe Explain Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas Viii Smpn 1 Gondangrejo Karanganyar Tahun Ajaran 2013 / 2014 .varia pendidikan vol26 no.1
Depdiknas .2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta :Depdiknas.
Izzatinnisa, & Utami, U. dan A. M. (2020). Jurnal Riset Biologi dan Aplikasinya. Jurnal Riset Biologi Dan Aplikasinya, 2(50), 18–25.
Permendikbud.(2016).Permendikbud No 020 tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jakarta:kemendikbud.
Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557
Lestari, I., Shoffan, S., & (2020). Perangkat Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Tgt-Hots (Teams Games Tournament-High Order Thinking Skill) Pada Materi Trigonometri Kelas X Sma. Proceeding, November, 31–44. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4342
Mahanal, S. (2014). Peran Guru Dalam Melahirkan Generasi Emas Dengan. Seminar Nasional Pendidikan HMPS Pendidikan Biologi FKIP Universitas Halu Oleo, 1(September), 1–16.
Nasution, N. F. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Search, Solve, Create, And Share pada Praktikum Mandiri Mata Kuliah Ekologi Hewan. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 95. https://doi.org/10.24114/jpb.v7i2.9317
Ockta, P. Y. A. I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil. 2(1), 86–95.
Putriyana, A. W., Kholillah, K., & Auliandari, L. (2020). Kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share pada Praktikum Materi Fungi. Biodik, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9255
Rahmatika, F., Alimah, S., Biologi, J., & Artikel, S. (2014). Unnes Journal of Biology Education Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Search, Solve, Create, And Share Pada Praktikum Mandiri Materi Mollusca Dan Arthropoda Info Artikel. Unnes Journal of Biology Education, 3(3), 50229. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujbe
Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. 403-749-1-Sm. 2(1), 29–35.
Tendrita, M., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2016). Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Kreatif melalui Model Remap Think Pair Share. Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), 13(1), 285–291.
Widyasari, L. A., Pratama, S., & Prayitno, B. A. (2013). Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Accelerated Learning Melalui Concept Mapping Dan Mind Mapping Ditinjau Dari Kreativitas Dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 3(2). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v2i03.9792
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Â
Penulis tetap memegang hak cipta akan karyanya dan memberikan hak publis pertama kepada Jurnal PEDAGO BIOLOGI: Pendidikan dan Pembelajaran Biologi yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons — Attribution-NonCommercial 4.0 International — CC BY-NC 4.0 yang mana mengizinkan orang lain untuk menyalin dan menyebarluaskan kembali karyanya dalam bentuk atau format apapun termasuk menggubah, mengubah dan membuat turunan dari karyanya tanpa kepentingan komersial.