Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Kooperatif Tipe Tgt-Hots (Teams Games Tournament-High Order Thinking Skill) Pada Materi Trigonometri Kelas X Sma Muhammadiyah 4 Surabaya

Penulis

  • Indah Lestari Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Shoffa Shoffan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahyuni Suryaningtyas Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe TGT-HOTS (Teams Games Tournament-High Order Thinking Skill) pada materi trigonometri kelas X SMA Muhammadiyah 4 Surabaya. Model pengembangan ini menggunakan ADDIE dengan 4 (empat) tahapan saja yaitu analysis, design, development dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran memiliki rata-rata sebesar 3,5 dengan kriteria sangat baik. Hasil kevalidan RPP dan LKS dinyatakan sangat valid dengan rata-rata kevalidan masing-masing sebesar 3,5 dan 3,2. Keterlaksanaan pembelajaran sangat baik dengan persentase sebesar 87,5%, kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat baik dengan persentase sebesar 81,98%, aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT-HOTS dinyatakan efektif karena lima dari enam kategori aktivitas siswa terdapat dalam waktu ideal, hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan sebesar 85,71% dan respon siswa terhadap pembelajaran menunjukkan respon positif. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat baik

Referensi

Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Anita, L. (2010). Mempraktikkan cooperatif learning di ruang-ruang kelas. Jakarta: Grasindo.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bstary, R., & Zamroni. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berfikir tingkat tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Nieveen. (2007). An Introduction to education design research. Retrieved from (www.slo.nl/organisatie/international/publications) (diakses Desember 2018)

Rusman. (2014). Model pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada

Shoimin, A. (2014). 68 Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Syaifudin, F. A. (2018). Pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media math roulette pada materi segiempat dan segitiga. skripsi. Surabaya: UMSurabaya (Skripsi tidak dipublikasikan).

Taniredja, T., & dkk. (2012). Model-model pembelajaran inovatif. Bandung: Alfabeta. Tribunnews. (2018, 12 Jumat ). Tribunnews.com. Retrieved from http://www.tribunnews.com: http://www.tribunnews.com/nasional/2018/04/13/mendikbud-akui-soal-soalunbk-tahun-ini-lebih-sulit

Unduhan

Diterbitkan

2020-02-19