Fokus dan Ruang Lingkup

Fokus Utama

  • Jurnal Pedagogi Biologi merupakan forum ilmiah yang didedikasikan untuk publikasi artikel-artikel berkualitas tinggi dalam bidang pendidikan biologi. Fokus utama jurnal ini adalah:
  • Inovasi Pengajaran : Menyoroti strategi, metode, dan teknologi terbaru dalam pengajaran biologi di semua tingkatan pendidikan, dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi.
  • Pengembangan Kurikulum : Memperkenalkan dan mendiskusikan model-model kurikulum yang efektif dan relevan dalam konteks pembelajaran biologi, termasuk integrasi kurikulum, dan pendekatan lintas disiplin.
  • Penelitian Pendidikan Biologi : Mempublikasikan hasil penelitian empiris, studi kasus, tinjauan pustaka, dan artikel konseptual yang berkontribusi pada pemahaman kita tentang proses pembelajaran dan pengajaran biologi.

 

Topik dan Jenis Artikel

Jurnal Pedagogi Biologi menerima kontribusi dalam berbagai topik, termasuk tetapi tidak terbatas pada:

  1. Materi Pendidikan Biologi :  Inovasi dalam kurikulum, metode pengajaran, strategi pembelajaran, dan evaluasi dalam pendidikan biologi.

    2. Penelitian Biologi: Penelitian terbaru dalam berbagai disiplin ilmu biologi, termasuk botani, zoologi, mikrobiologi, ekologi, genetika, bioteknologi, dan bidang terkait lainnya.
  2. Teknologi dalam Pendidikan Biologi: Pemanfaatan teknologi modern dalam pembelajaran biologi, termasuk penggunaan perangkat lunak, simulasi, dan perangkat keras.
  3. Konservasi dan Lingkungan: Studi tentang pelestarian keanekaragaman hayati, restorasi ekosistem, pengelolaan sumber daya alam, dan dampak perubahan lingkungan terhadap kehidupan.
  4. Biologi Molekuler dan Seluler: Penelitian tentang struktur dan fungsi molekuler, serta proses seluler dalam organisme hidup.

Jenis Artikel yang Diterima

Jurnal menerima berbagai jenis artikel, termasuk tetapi tidak terbatas pada:

  • Artikel Penelitian : Laporan hasil penelitian orisinal yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman tentang pendidikan biologi.
  • Tinjauan Pustaka : Ulasan kritis tentang literatur yang relevan dalam topik tertentu, dengan fokus pada sintesis temuan dan identifikasi kekosongan pengetahuan.
  • Laporan Kasus : Deskripsi rinci tentang pendekatan pengajaran tertentu, strategi pembelajaran, atau keberhasilan program pendidikan dalam konteks biologi.
  • Artikel Konseptual : Diskusi teoritis atau konseptual tentang isu-isu penting dalam pendidikan biologi, menghasilkan wawasan baru atau pendekatan baru dalam pengajaran dan pembelajaran.

 

Kesimpulan

Jurnal Pedagogi Biologi bertujuan untuk menjadi wadah bagi para peneliti, praktisi, dan akademisi untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan temuan terkini dalam pendidikan biologi. Dengan fokus pada inovasi dalam Pendidikan  biologi dan penelitian dalam bidang Biologi , jurnal ini berperan dalam memajukan praktek Pendidikan dan Penelitian  yang lebih efektif dan inklusif dalam memahami dunia kehidupan.